Mindset

Jarang-jarang gue nulis sepagi ini, dalam kondisi belum mandi pulak. Hadeh 😁 Mumpung belum kelupaan juga, gue mau nulis sekalian barangkali suatu saat gue mengalami kondisi serupa, jadinya bisa diambil hal baiknya aja. 

Gue mau cerita sedikit, jadi minggu ini dan bulan ini mungkin menjadi hari-hari tersibuk selama gue mengikuti kegiatan volunteer. Meeting bolak-balik, tidur larut lebih sering, dan memeras otak lebih dari biasanya tentunya. Jadi, NGO dimana gue volunteer akan mengadakan event dalam waktu dekat ini dengan salah satu Korean fashion brand. Webinar bertajuk My Body is Mine akan jadi tema untuk acara webinar itu. 

Nah, gue nih sebagai content writer dan social media team (bahasa kerennya 😭 padahal gue mah andil berapa persen doang 😭) punya kesadaran dan kewajiban untuk menggaungkan acara kali ini. 

Teman-teman, ada satu momok yang bikin gue agak mupeng kalau pas ngerjain tugas volunteering kaya gini. Apalagi kalau urusan desain-mendesain. Yes, because walaupun keliatan sepele tapi ternyata  waktu diawal disuruh bikin tugas desain gue lumayan gerah. Hahaha 🤣 

Gimana enggak, menurut gue urusan desain itu kayak nano-nano. Setiap orang punya ke-khasan untuk soal mendesain. Gue nih, yang notabenenya nggak suka desain ribet pasti dan hampir selalu mendesain apa yang gue buat dengan look yang simple aja. Lah wong emang gue anaknya begitu, kalau milih baju di toko baju diantara ibu atau adek, gue pasti yang paling cepat. Bukan gimana, gue kayaknya males aja gitu berdiri lama-lama coba ini itu, nanti taruh lagi, nanti masuk kamar ganti lagi, nanti nemu yang kece dikit ambil lagi. Ohhh nooo 😪 That's not me babe

Berlaku juga untuk urusan desain tadi, jadi selama ini kalau diberi tugas desain di volunteering bisa dipastikan desain gue cuma dipakai berapa persennya doang, pernah juga waktu itu bahkan nggak dipakai sama sekali. Padahal waktu itu gue udah mencurahkan segenap tenaga, pikiran dan waktu. Gue juga rela untuk nggak chatting berjam-jam sama gebetan yang sekarang *ups 🤭 (move on lah ya bund ...)

Waktu pas baru join volunteer sih gue kadang empet juga yak, kesannya kayak gue yang newbie ini so useless idenya. Tapi setelah berjalannya waktu, gue bisa memahami kalau "Hey, this is the real benefit that you obtained from your volunteering". Dari hal ini gue bisa belajar untuk menerima pendapat, mengalah, dan menyadari bahwa di luaran sana ternyata orang yang kreatif itu bejibun. Yang lebih expert daripada gue tentu lebih banyak. Bagaimana gue berpikir untuk mengambil ilmu dari mereka yang jauh lebih jago daripada gue itulah yang harus gue resapi. Yakali gue mau empet-empetan terus, hahaha 🤣 Lagipula, manusia itu bertumbuh. Referensi dari mereka itulah yang nantinya akan memperkaya insight gue. 

So, kayaknya itu dulu deh. Gue belum sempat balesin komen dan BW lagi karena emang super padat jadwalnya. Jadi nggak sabar acara ini kelar, atau paling nggak tugas-tugas gue sedikit demi sedikit terselesaikan. Biar gue bisa berblog ria lagi! 

Oh ya, desain pastinya belum di launching baik di sosial media ataupun website. Bukan authority gue soalnya, hahaha. Tapi dari sekian banyak desain yang udah jadi, gue pilih salah satu untuk up di sini. Acaranya untuk umum, dan FREE tentunya! 

Link Join Webinar



13 komentar

  1. Wihh, ayo semangaatt Syif! Pasti bisaaa! Caiyoo👏🏻🙌🏻🙌🏻 Aku jadi pingin gabung volunteer jugaa nih buat ngisi waktu, hoho. Kamu ada saran NGO² atau yayasan apaa nggak gitu yang butuh volunteer?😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoo gabung aja Kak Awl!!! Hitung-hitung dapat pengalaman baru!

      Sebenernya ada dua cara untuk ikut vounteer versi aku Kak Awl. Pertama, Kak Awl bisa dengan "jalur mandiri" dengan masukin lamaran di beberapa NGO. Banyak banget Kak Awl. Kak Awl bisa dimulai dari NGO yang Kak Awl suka, misal kaya aku karena cukup tertarik sama isu eksploitasi anak, aku taruh lamaran di Ecpat Indonesia. NGO sekarang udah pada punya website, terus biasanya mereka taruh sub menu untuk program magang/ volunteer. Kekurangan lamaran pribadi itu waktunya nggak tentu Kak Awl. Jadi, kalau udah submit dokumen gitu biasanya mereka nggak langsung ngabarin kita secepatnya. Tapi nanti tiba-tiba aja gitu dapat infonya, malah hampir lupa pernah naruh lamaran disitu wkwkw 🤣

      Nah cara yang kedua, ini karena instansi biasanya emang lagi butuh anak magang, jadinya terbuka gitu announcementnya. Kak Awl bisa follow ig @idnvolunteer itu banyak banget. Kayaknya hampir setiap hari update deh. Cuma itu tadi, minusnya karena lamarannya terbuka jadi yang daftar dan orang yang tahu lebih banyak, dan tentu aja nambah pesaingnya. Heheheh. Nanti aku komen lagi NGO apa aja yang ada program volunteernya, beberapa ada yang lupa soalnya.


      Semangat juga Kak Awl!! 💕

      Delete
    2. Ini ya Kak Awl, aku udah list beberapa NGO yang setau aku ada program magang maupun volunteer

      Fokus isu lingkungan : Green Peace Indonesia (https://www.greenpeace.org/indonesia/)

      Ini fokusnya ke kesehatan, pendampingan hukum anak, sama pendidikan juga termasuk kalau nggak salah : Yayasan Peduli Anak (basis Lombok https://www.pedulianak.org/)

      Kalau yang ini lebih ke psikologi gitu Kak Awl, mungkin Kak Awl suka bisa dicek, posisi magangnya juga ada beberapa : Yayasan Pulih (http://yayasanpulih.org/)

      Nah yang terakhir ini cocok yang suka ngajar, karena seprtinya emang gitu purpose dari mereka. Bisa di cek di Project Child ( https://projectchild.ngo/)

      Semoga membantu Kak Awl 🤗

      Delete
  2. Jadi ingat kemarin ikut bootcamp lettering orang barat.. haha 🤣🤣 buatan mereka bagus2 banget.. terus aku lihat hasilku yang hhmmm...

    Tapi sbnernya, dari perasaan ketidakpuasan kita bisa menjadi cambuk buat terus tumbuh. Asalkan kitanya lebih terbuka dan mau mendengar pendapat orang lain..

    Ngomongin desain, aku hobi gambar tapi paling nggak bisa bikin desain yg formal. Hehe. Dan sama seperti Syifanna. Setiap aku lihat hasil gambar orang lain pasti aku langsung ciut kalau ngebandingin hasilku sndiri.. wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, iya dijadiin cambuk, meski kadang agak ngenes juga kenapa ya hasil desain kita nggak kece? Wkwk 🤣

      Wuihh gambar bikinin Kak Bayu itu kuecee paraahh... Aku udah liat di IG Kak Bayu, kureenn pooll.. Aku yang bisanya cuma gambar bunga dan daun seketika langsung nelen liur sendiri hahahaha 🤣🤣🤣

      Delete
  3. Hahahahaha.... pada dasarnya sama Syifana dengan menulis. Kalau menulis untuk diri sendiri mudah, tetapi menulis untuk orang lain akan menjadi sebuah pekerjaan yang menantang.Begitu juga dalam hal memotret, beda antara untuk diri sendiri dan orang lain (pesanan)

    Kenapa begitu karena mindset "untuk diri sendiri" harus berubah menjadi "untuk orang lain". Makanya kalau saya memotret untuk orang lain, saya tidak akan memakai ukuran diri sendiri dan berusaha menggali dan mencari tahu dulu apa yang diinginkan "orang lain".

    Dengan begitu saya bisa mencoba melihat dari sudut pandang si "orang lain" dan menerjemahkannya dalam karya foto yang saya hasilkan.

    Tulisan di atas mencerminkan kalau Syifana saat membuat desain masih bermindset untuk diri sendiri.. Tapi pasti bisalah, hanya memang nanti akan butuh penyesuaian .

    Kira-kira miriplah kalau lagi nyetir kadang harus pindah persneling menyesuaikan dengan situasi. Lama kelamaan juga akan terbiasa kapan harus mendesain untuk diri sendiri kapan untuk orang lain..

    Good luck..

    O ya Minal Aidin wal faidizin yah.. mohon maaf lahir batin.. maaf baru sempat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pak Anton...! Minal aidzin wal faidzin juga Pak, hehehe 🤣 Harusnya aku atuh yang ngucapin duluan, haha 🤣

      Oh jadi begitu ya Pak Anton? Harus mencoba untuk memposisikan diri sebagai orang lain? Iya juga, kenapa nggak kepikiran ya olehku? Wkwkwk 🤣 Maunya ngikutin mauku terus, nih 🤣🤣🤣

      Delete
  4. aku juga pernah berada diposisi kayak syifana, misal pas tuker pendapat ini itu, terus ide nggak dipake , dan berpikir kalau aku kurang kreatif.Lama lama nggak ambil pusing, tapi emang ide orang lain lebih out of the box dibanding aku. jadi belajar juga dari sini

    baideweiii sukses buat eventnya ya, seru tuh pastinya ya, meskipun jadi seksi sibuk kesana kemari, dapet wawasan baru pastinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siip Kak Ainun! We have to admit, ide orang lain kadang jauh lebih berlian hahahah 🤣🤣🤣

      Wkwkwk sibuk sok sibuk sih sebenarnya Kak Ainun 🤭 Sukses dan lancar juga untuk Kak Ainun 💕

      Delete
  5. Dulu pas msh ngantor, seriiing banget ngerasa down, pas ditanya ide2, tapi ternyata yg dipake tetep punya orang lain. Paling bikin nyesek yg dipake malah ide dari orang2 di luar kantor sendiri. Sempet mikir, ngapain juga nanya pendapat kita, kalo toh ga didenger :p.

    Tapi makin kesini, ya udh ngerti sih. Apalagi pas tahu pemikiran dari orang lain memang terbukti LBH bagus dan sesuai untuk diterapin :). Trus aku bandingin Ama ideku, lgs kliatan kalo ideku dulu hanya mengcover scope kecil. Sementara ide yg akhirnya dipakai, bisa me-reach goals yg LBH besar :). Jadi pembelajaran sih, untuk berfikir jauh ke depan juga, jgn cuma utk coverage team sendiri doang, dan sebisa mungkin memikirkan ide yg bisa dipakai JK panjang :).

    Kadang, harus bisa besar hati untuk menerima yg seperti itu. Bener kata Bayu, jadiin cambuk buat kita belajar lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naahh bener banget kan ya Kak Fanny, ngapa rapat juga kalo ide dari kita nggak didenger wkwkw 🤭

      Iya, tapi pas udah dirubah cara pikirnya jadi bisa lebih ngerti kalau memang ada yang lebih out of the box idenya daripada milik sendiri. But, justru dari situ kan Kak Fanny kita belajarnya. 😊

      Delete
  6. Woaaa mampir sini uda banyak tulisan baru aja nih! Hehe mantap tenan! Meski sibuk sampe begadang-begadang tapi sempat buat nulis. Salut aku sama Syifa 👍👍

    soal desain emang susah ya syif. Karena desain tergantung selera dari stake holdernya. Aku juga pernah tu cape-cape desain ppt gitu pada akhirnya diminta supaya jadi putih polos aja karena orangnya lebih suka desain simple. wkwkwk sedih sih tapi ya dari situ belajar untuk liat siapa orang yang akan pakai desainnya dan disesuaiin sama keinginan orang itu. Bukan keinginan diri sendiri hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk sekarang agak selo nih, tapi moodnya aja yang up and down. Wkwkwk 🤣

      Nah iya kan Kak, wkwk.. capek deh kalau dah gitu. Hahaha. Emang jalan satu-satunya sih kudu dikomunikasikan dulu kalau pas mau dibikinin desain, seleranya yang kayak gimana. Baru deh dibikinin, hahaha 🤣

      Delete