A Blessing Gift

Selamat hari Senin! Selamat Mei juga! 

Ada satu ritual khusus ketika pagi hari, di mana gue bangun dari tidur lalu duduk sebentar, lalu melongo sebentar sebelum akhirnya buka lemari es untuk ambil air putih dingin. Harus yang dingin, karena kalau nggak dingin malah gue mual. 

By the way, gue anaknya suka nglamun. Sejak kecil malah, dan gue sadar akan hal itu. Rasanya, kalau nggak nglamun sehari aja kayak ada yang kurang gitu. Tapi dari aktivitas nglamun itulah gue banyak dapat inspirasi untuk nulis di sini. Haha!

Barusan, setelah melamun, tanpa pikir panjang sebelum ide ini hilang, gue langsung tancap ke layar dan mulai mengetikkan huruf demi huruf.



Kalau ditarik ke belakang, sebetulnya blog gue ini isinya SANGAT GADO-GADO. Mungkin di dunia per-blogger-an gue jamin blog gue lah yang paling ACAKADUT. Ha! To be honest, gue sendiri masih kesulitan menentukan niche blog gue mau dibawa ke arah mana. First of all, I think nggak ada yang bisa gue bagikan di sini mengingat  kisah hidup dan pengalaman gue yang nggak seberapa. Secondly, semisal gue mau jadi beauty blogger, urusan make up dan skin care aja justru si adek lebih jago ketimbang gue. Atau semisal gue mau jadi tukang review buku atau review film, bacaan dan tontonan gue aja seuprit. Hadeh, better no sih. Atau misalnya, gue mau ngomongin soal politik meski gue suka sama bab satu itu, tapi gue tau apa? Masih awam banget.

Satu-satunya yang melekat di diri gue adalah si Mars, yang mana justru label inilah yang isinya paling sedikit. Dan gue masih mempertimbangkan untuk memperbanyak isi label ini. I'm not really sure bakal menarik nggak misal blog gue tiba-tiba isinya tentang benda-benda angkasa atau perkembangan terkini robot Mars yang berhasil ciptakan oksigen di sana. Huft. 

Sebetulnya bagi gue, niche blog untuk saat ini bukan jadi prioritas gue. Gue menulis rutin seminggu sekali aja udah termasuk pencapaian bagi gue. Lalu untuk urusan domain, beberapa kali ada niat untuk beli domain yang nggak gratisan. Meski ada cukup duit, tapi akhirnya gue bertanya ke diri sendiri. 

"Lu ngblog buat apa sih Sip?"

Mau cari cuan lewat blog, ya? Enggak deh, kayaknya enggak. Dulu gue ngblog gara-gara ada orang yang naksir gue, nah dia kebetulan seorang blogger juga. Karena kebetulan gue juga suka nulis, mulai terjunlah gue ke dunia blog yang sebulan kemudian gue lupa passwordnya apa. Hahahaha.

Lalu? Gue ngblog buat apa?  Untuk sekarang, gue baru bisa menjawab dengan gue ngblog karena ingin melihat gue bertumbuh. Naif nggak sih? Wkwkwk. Tapi, iya serius. Gue kadang speechless ngliat tulisan lama gue yang mana isinya bikin gue ngakak. "Kok bisa ya, gue kayak gitu dulu?"

Ngomongin soal domain juga, ada pikiran gue jangka panjang untuk blog ini. Seandainya, gue nggak lagi pakai domain gratisan, lalu siapa yang bakal maintenance blog ini kalau gue udah balik ke Mars? (read : berhenti bernafas). Apa blog gue juga akan menghilang seiring gue yang nggak lagi ada di bumi? 

Padahal, balik lagi tujuan gue selama ini adalah ingin melihat proses bertumbuhnya diri gue. Meski gue nggak abadi, tapi selama bumi belum hancur, selama internet dan platform ini masih ada, tulisan-tulisan gue akan tetap ada di sini. Bahwa gue pernah tinggal di bumi dan menjadi saksi diantara jutaan umat manusia lainnya, kalau Bapak Presiden Jokowi pernah menjabat selama dua periode. 

Ah, kalau ngomongin ke arah sana rasanya abu-abu sekali. Takdir, mana ada yang tahu. Tapi, ada atau enggak adanya tulisan ini berbelas atau berpuluh-puluh tahun ke depan, gue ingin bilang bahwa gue bersyukur bisa ada di circle ini. Gue bersyukur dipertemukan oleh Tuhan dengan teman-teman yang sangat baik, yang bisa menerima gue, dan tentunya saling sapa dan mendoakan. Gue, amat bersyukur untuk hal ini. 



24 komentar

  1. Syif, kalau boleh curhat dikit, honestly salah dua alasan aku ngeblog itu karena pingin nyimpan kenangan dan ngelihat seberapa jauh diri ini bertumbuh dari sebelumnya belasan tahun ke 20an, dan begitu seterusnya kalau panjang usia. Apakah kita berdua naif?😆 Hahaha nggak lah yaa, menurutku itu sesuatu yg wajar ajaa. Karena manusia terus bertumbuh dari segi apapun, dan seiring dengan platform digital yg bertebaran ini, menjadi sangat mungkin untuk kita bisa melihat pertumbuhan itu lewat berbagai cara😁.

    Kalau aku sih, mau segado-gado atau seacakadut apapun blog Syifana, postingamuhh bakal selalu ditunggu! So, terus blogging yaa😆😍😋

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, selalu ada sisi yang sama dari diri kita ya Kak Awl 🤣 Well, postingan Kak Awl yang paling lebih ditunggu sih, apalagi podcast dan bagian beropininya Kak Awl. Tssah tsaahh tajam setajam silet. Hehehe 🤣

      Delete
  2. Bahahahaha 🤣
    Tenang Syifanna. Ada yg lebih acakadut blognya ketimbang Syifana kok 🤣.. *nunjuk blog sendiri* yang isinya ya seterah hati dimana sedang berlabuh.. *Ceillah.. 😅* Blog Syifanna masih rapi ini mahh...

    Blogku itu lohh nggk punya niche yg jelas.. lagi demen masak, isinya masak semua. Lagi demen film, isinya ttg film semua... lagi senang curcol, ya Isinya curcolann semua 🤣🤣..

    Mana postingan terdahulu sok2an ngide lagi nulis tips2 dalam kehidupan dan nyari kerja 🤣. Yailah 'Bay' pengalaman baru seumur jagung aja udah yg kaya apa aja.. wkwk 🤣🤣 pngen tak hapus tapi "ahh yasudahlah.." toh, mereka yg jadi saksi bisu perjalanan perblog'an aku smpe sekrang... hihi

    Dan kerasa banget sih bedanya kalau ngebandingin tulisan terdahulu sama skrang.. I mean dari tata tulis dan bahasa ya.. hehe 😁

    Btw, memang keren ya circle Blog pertemanan kita itu.. aku smpe jadi suka baca buku fiksi Loh Syif.... haha. 🤣 dlu kan hhmm ya seadanya..

    Terus Blog ini juga yg mempererat persahabatan *ceillah 😂* yang aku punya sekrang.. meskipun lokasinya jauh tapi jadi terasa dekatt... *apaan dah lu Bay!! Malah smpet2nya curcol...* wkwk 🤣🤣😂

    Sehat terus dan tetap semangat ngeblognya ya.. 🤗

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak Bayu, wkwkwk 🤣🤣🤣 Part jadi saksi bisu itu sih yang paling menggelikan Kak bagi aku hahahha 🤣 Aku juga gitu, bisa-bisanya nulis hal yang gajelas hadee 🤣 Sama kaya Kak Bayu, mau dihapus juga "ah ya sudahlah" 🤣🤣🤣

      Keren banget, untuk pertama kalinya juga aku punya teman dari luar pulau yang aku tinggali. Hahaha 🤣

      Semangat juga Kak Bayu!!!

      Delete
  3. Hai Syifa, apa kabar! :)
    Kebiasaan bangun tidur yg unik yaa.. Aku kalo bangun, setelah diingat-ingat, punya kebiasaan buruk. Selalu buka hape dulu. Ngecek notif WA, IG, fan sebagainya. Padahal ga ada chat apa apa hhahaaa.. :((

    Untuk blog acakadut, aku rasa tak masalah sih. Yang penting kita menulis, mengeluarkan isi hati, pikiran, ide dan sebagainyaa.
    Siapa tahu... Ada sedikit "hikmah" atau value yg bisa diambil dari blog kita. Walaupun, aku jg ga tau deh, ada value apa yang orang bisa ambil dari blogku, Hiiihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu aku juga gitu, suka ngcheck notif padahal mah enggak ada apa-apa. Sekarang sih kalau bukan hp habis tidur paling cuma buat matiin alarm di HP dan kebetulan lihat jam dari HP wkwkwk 🤣 *hamba alarm HP

      Kak Dodo mah banyak kok value yang didapet 😊

      Delete
  4. Kok pake nanya naif atau nggak? Wkwkwkw.. Itu keputusanmu, itu jalan yang dikau mau. Ga usah nanya sama orang lain. Hahahaha...

    Mau acakadut atawa kagak, itulah si Makhluk Mars.. wkwkwk... take it or leave. Kalau mau berteman, ya berarti harus terima, kalau ga ya sudah... sombong dikit Syifana.. wkwkwkwk

    Yes, saya juga mensyukuri banyak kenal dan anak anak muda dengan pemikiran kritis, walau terkadang sering melankolis, dan tidak jarang terlalu filosofis berbau teoretis.. Mengingatkan saya pada masa muda dulu.. :-P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eeiizz 🤣🤣 anak muda berpikiran kritis tapi melankolis itu yang bagaimana ya Pak Anton? Heheh 🤣 Pikirannya kritis tapi pas nonton drama korea atau sinetron mendadak kaya diberi bawang kah? Hahahha 🤣🤣

      Aku rasa sih kalau Pak Anton muda itu tipikal anak muda yang menggebu-gebu wkkwkwk seperti pada umumnya 😜

      Delete
  5. Syifaa... aku jawab komentar yang kemarin disini ya haha. Alhamdulillah aku sehat, semoga Syifa dan keluarga juga sehat-sehat selalu ya! :))

    Bicara soal Niche..kayaknya ini jadi masalah umum buat blogger, ada masanya Syif. Percaya deh hahaha, ada masanya kalo nanti kamu bisa menemukan kecendrungan tulisan Syifa di blog ini. Aku pun sama kok, pernah mengalami hal yang sama persis kayak Syifa😁

    Dan satu keunikanmu, adalah ketertarikan terhadap Mars. Siapa tau nanti Syifa mau nulis tentang film yang berhubungan dengan Mars, atau hal-hal lain yang menarik bagi Syifa 👀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Kak Reka!!! Lama nggak ngobrol ya... Kadang aku ingin deh jadi kayak Kak Reka yang konsisten gitu nulis di blog tentang review buku. Wawasannya banyak, keren ih 🤭

      Kalau hal yang satu itu sih, bisa dibilang kebetulan aja Kak Reka. Haha 🤣 Hal yang menarik bagiku selama bukan ngomentarin kenapa Indosiar punya sinetron Suara Hati Istri 🤣🤣🤣

      Delete
    2. Aku sendiri baru bisa yakin untuk fokus nulis soal buku pertengahan 2020 lalu Syiif. Karena beneran deh berkomitmen itu sulit kalo kita nya masih gak yakin sama kemampuan sendiri 😂. Dan kadang masih perlu media lain buat ngeluarin sampah dalam otak yang sering menghambat motivasi wkkk.

      iyah santai aja dulu Syiif, sekarang pun Syifa lagi sibuk jadi volunteer, semoga dari pengalamanmu ini ada secercah inspirasi buat blog Syifa di masa depan😆

      Delete
    3. Berarti Kak Reka udah hampir 1 tahun dong ya?? Kalau gitu udah lumayan lamah loh!!

      Kalo urusan komitmen itu, aku sepertinya tipe yang anget² tahi ayam gitu. Di awal doang, di tengah ke akhir dah la lebih banyak ga niatnya. Mungkin itu kenapa aku ga konsisten ngblog juga hahaha 🤣🤣🤣

      Delete
  6. Hahaha Syifa mirip adikku deh, kalau bangun tidur langsung cari air putih dingin 😂 dan aku suka marahin karena takut dia sakit tapi sampai sekarang fine-fine aja sih 😂
    Btw, ayo bahas tentang Mars! Hahaha. Kalau Syifa suka menuliskannya, kenapa tidak? 😁
    Blogku juga gado-gado, Syif, jadi don't worry, kamu punya teman senasib 🤭 blogku gado-gado tapi nggak pakai cabai jadi nggak pedes(?) Syifa punya pakai cabai nggak? 🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kan, enggak apa-apa sejauh ini Kak Lia.. Heheh dan seterusnya juga semoga enggak apa-apa.

      Sedang loading nih otaknya, mau bahas dari mana dulu. Hehehe 🤣 Punya Kak Lia itu enggak gado-gado, tapi kalau kata Kak Lia gado-gado, rasanya sih tetep enduuuzzz 🤣 Pakai cabe nggak papa Kak Lia, wkwkwk 🤣 Punyaku biar tak kasih kacang aja. Jadi kita bisa bikin sambal kacang ahahahah 🤣🤣🤣

      Delete
  7. Eh loh...biasa bangun tidur minumnya air biasa aja malah dianjurinnya air anget. Eh syifa malah minum air dingin yak hahhaa 😅

    Btw blog aku juga kaga punya niche. Acakadut. Tapi bodo lah. Yang penting enjoy nulisnya hehehe
    Aku kaya kamu kok. Nulis blog buat simpen cerita-cerita. Kalo mo nostalgia, tinggal baca blog aja hehehe
    Apalagi pas rapiin tulisan jaman dulu. Astagaa kenapa begitu nulisnya wkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa gitulah Kak Friska, heheh 🤣 Entah, semoga mah sehat-sehat terus.

      Siiap enjoy bebas pakai gaya free style hahaha ✌️ Bener parah, "astaga kenapa gitu nulisnya " 🤣🤣🤣 Serasa urat malunya jadi samar wkwkwk 🤣

      Delete
    2. iya dibuat enjoy aja ya syifa dalam nulis blog hehehe

      Nah itu!! Makanya kalo liat tulisan jaman dulu, tangan langsung gatel pengen benerin wkwkwkw

      Delete
    3. Siaap Kak Friska 🤗

      Bukan pengin gatel lagi, kadang saking malunya aku pen tutupan pake panci aja daah hahahaha 🤣🤣🤣

      Delete
  8. Ohh pantes aja kenapa banner-nya sekarang ada roket hahahaha hayuk atuh kalau suka bahas topik tertentu mah dibahas aja, Syif. Dan soal gado-gado mah sama aku juga 😆 tapi gapapa, gado-gado itu enak kok wkwkwk

    Aku manggut-manggut seneng pas baca alasan kamu ngeblog karena pengen liat sejauh mana kamu berkembang. Karena itu juga salah satu alasanku nulis (baik di blog maupun di jurnal pribadi). Apalagi kalo di blog gini jadi bisa ketemu manteman yg mungkin sedang mengalami kondisi serupa dgn kita, serasa ada teman seperjuangan deh.

    Tetap semangat yaa, Syifa! ❤️

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayyy Kak Jane!!!! How are you?? Dede Krystal semoga sehat selalu ya..!

      Pastinya happy banget ketemu teman yang punya minat sama. Ngrasa satu frekuensi aja heheh 🤭

      Semangat untuk Kak Jane juga 💕

      Delete
  9. Persis! hal ini juga yang akhir-akhir ini KEMBALI menghantuiku.
    sebetulnya hal ini selalu terus balik lagi padaku, apalagi ketika lagi jenuh tapi di sisi lain ingin tetap blogging juga fotografi tapi butuh semacam alasan untuk diri sendiri.

    dan biasanya itu dia pertanyaan yang selalu kuajukan ke diri sendiri?
    "jadi lu tuh ngapain blogging selama ini? kenapa? buat apa? tujuannya mau dibawa kemana?"

    Menurutku, anggap aja umur kita beda 10tahunan tapi memiliki masalah dan pertanyaan yang sama, it's good for you karena memang itulah waktumu untuk mempertanyakan banyak hal, tapi ga bagus buatku yang umurnya udah segini, kasarnya "jadi selama ini hidup tuh ngapain aja?kenapa masih nanya-nanya hal yang sama?"

    But eventually, i will find my answer, so do you...we just need to keep searching by doing many things, right? karena kita kyknya ga akan pernah merasakan sendiri rasa pete goreng (yang nikmat) kalo ga dicobain dengan lidah kita sendiri, dan jgn sampe menghindar dan ga nyobain pete hanya karena baunya yg slightly bau.

    Tapi menurutku ya syif, mending dari skarang bikin tujuan atau goal untuk urusan blogging ini, misalnya ingin jadi blogger yg konsisten, ngepost seminggu sekali selama setahun atau punya goal tinggi pengen dikenal jadi lifestyle blogger, trus pecah goal besar itu menjadi tasklist-tasklist kecil yang menjurus menuju dream terbesar atau goal itu, dari situ, semoga bisa konsisten nulis dan konsisten dari sisi tema juga.

    Seperti apa yang dikatakan pak Anton di blognya, set goal atau tujuan itu penting untuk mengarahkan dan itulah yang selama ini ga aku miliki dan kamu jangan seperti aku ya.

    But at the end of the day, it's your blog, you do you.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hm... Gitu ya Kak Ady? Tujuan emang penting sih Kak Ady, tapi kalau belum nemu ya mau bagaimana lagi? Proses setiap orang tentu beda kan Kak Ady?

      Menurutku, kalau Kak Ady masih mempertanyakan hal-hal seperti yang dikatakan Kak Ady, bukannya tetap nggak apa-apa ya Kak Ady?

      Hm, aku jadi berpikir 🤔

      Delete
  10. wahhh aku jadi keinget awal awal aku bikin blog, awalnya karena pengen sharing dan biar bisa dibaca banyak orang dannn biar ada jejak digitalnya
    no problemo blog niche gado-gado, banyak juga diluaran sana
    dan target nulis balik lagi ke diri sendiri yang lebih tau kapasitas diri, sebulan ada beberapa tulisan juga sudah bagus

    pokoknya tetep semangat aja, kalau sesekali hiatus juga gapapa, aku udah pernah hampir 2 tahun malah
    ciayooo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah Kak Ainun bener!! Sebulan ada tulisan aja sudah bagus hitungannya wkwkwk 🤣 tentu saja menurut aku 🤭

      Wow, 2 tahun?? Lama banget ya Kak Ainun, aku sih malah kayaknya hiatusnya hampir sepanjang tahun ada cuma waktunya ga menentu. Lebih tepatnya kalau pas males ga aku urusin nih blog wkwkw 🤣

      Delete