Tulisan Tentang Bersih-Bersih


Selamat hari senin semuanya, semoga kawan-kawan diberikan kelancaran untuk setiap hal yang dilakukan ya! Oh ya, postingan kali ini gue mau sedikit cerita. Masih berhubungan sama tulisan Today kemarin sih sebenarnya. 

So, gue adalah orang yang kalau marah nggak bisa meledak. Jadi kalau pas lagi marah atau kesal, gue cuma diem atau mendem aja gitu. Tapi nggak gue pendem sampe long-long time gitu. Nope! Gue bakal luapin itu dengan cara ngthrow emosi negatif gue pake nangis. Is that I'm shy? I don't think so.

Karena dengan menangis, gue percaya sebagian emosi gue ikut terbawa bersama air mata yang gue jatuhkan. Hahaha πŸ˜‚ Tentunya, statement gue tadi bukan nggak berdasar loh, ya!  Menurut beberapa artikel yang gue baca, menangis ternyata bisa menurunkan risiko depresi! Lah kok? 😦

Singkatnya, air mata yang kita keluarkan kalau pas lagi ngrasa beban banget gitu ternyata memiliki efek Katarsis. Katarsis sendiri adalah istilah yang dipakai kepada seseorang saat sedang melampiaskan marah. (Correct me if I'm wrong). Nah menangis ini bisa membantu fisiologis, psikologis dan spiritiual si orang yang menangis tadi. Jadi, menangis itu baik untuk kesehatan mental. πŸ™ˆ Yang lebih amazing nya lagi, ternyata air mata mengandung Lisozim! Yap, Lisozim ini memiliki sifat anti bakteri yang mana secara alami bisa membunuh bakteri. 

Sejalan dengan Katarsis tadi, gue baru-baru ini berhasil mengenali diri gue sendiri lebih baik lagi. Selain menangis dan menulis di blog atau di buku harian, ada satu lagi kebiasaan gue yang surprisingly bisa membantu meringankan emosi gue yang pas lagi sulit dikontrol. Bersih-Bersih!

Jadi pemirsahhh, gue tu suka bersih-bersih! Gue baru nyadar aja kemarin pas lagi bersih-bersih, instead of  ngrasa terbebani atau bikin riweh, gue justru merasa sangat enjoy ketika bersih-bersih. Entah gue sendiri yang ngsugesti bahwa debu-debu kotor itu gue ibaratkan sebagai trash otak gue atau whatsoever, yang jelas saat melakukan kegiatan bersih-bersih gue bisa seratus persen fokus dan yaah beneran bisa tenang gitu bawaannya.

Usut punya usut, ternyata bersih-bersih juga bisa mengubah mood dan atasi stress. Hahaha. See? 😭 Bersih-bersih bisa membuat orang merasa lebih kuat dan mampu mengontrol situasi. Bayangin nggak sih, kalau pas lagi bersih-bersih rumah terus kita nemu barang yang sekian lama dicari tapi nggak nemu-nemu, how do you feel? Atau dengan bersih-bersih seenggaknya, kita jadi nggak usah jumpalikan buat nyari kunci motor karena udah ada space tersendiri. Ibaratnya, bersih-bersih bisa sedikit meminimalisir rasa khawatir. At the end, bersih-bersih bukan lagi jadi hal yang membosankan tapi justru menenangkan. 

Kawan-kawan suka bersih-bersih kah? Atau kawan-kawan di sini punya kebiasaan apa untuk mengurangi stres?

16 komentar

  1. Hollla syifanaaa... duh maapkan karena baru-baru ini blogwalkingnya.
    tampilan blognya baguuus... clean... persis seperti yang kusuka.
    tapi bicara clean-clean alias bersih-bersih, aku jg sangat suka bersih-bersih, suka karena aku suka merubah sesuatu yang tadinya kotor menjadi sangat bersih, sesuatu yang tadinya ga bagus jadi enak dilihat dan semua itu dilakukn oleh diriku sendiri.

    selain proses membersihkannya, aku jg suka sama perasaan kalo aku bs membuat perubahan asal mau bergerak, just do it (tagline nike...)

    mirip kayak hidup, punya target atau goal? bikin planning dan lakukan saja, planning dibuat untuk mempermudah kerja otak dan meminimalisir sesuatu yg terlewat atau kesalahan. setelah planning, lakukan saja.

    oke deh syifana, segitu aja comment dariku, blogmu udah masuk list blogwalkingku, jadi pasti bakal sering kesini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaahhh terimakasih ya Kak Ady, sudah mau main ke sini. Padahal aku mah kalo Kak Ady nggak kesini juga nggak apa-apa. Jangan jadikan beban ya Kak Ady, wkπŸ˜‚

      Bagus banget Kak Ady, nggak mageran dan punya goal untuk hidup. Yang penting masih ada planning and Just do it! Hasilnya, Tuhan yang ngasih tau nanti.

      Sekali lagi, makasih Kak Ady...

      Delete
    2. ish... siapa yang beban?
      justru aku agak rugi kenapa ga dari awal main-mainnya, apalagi syifana ini super kreatif, banyak yg dibikinnya, kumakin salut sama kamu,

      terima kasih ana karena rajin berkarya, teruskan dan jangan lupakan aku kalo udah terkenal di youtube yaaa

      Delete
    3. Kak Ady tuh ya, dibilang semuanya buat have fun. πŸ˜‚ Aku nggak sekreatif itu sejujurnya, tapi terimakasih deh sudah mengapresiasi hahah πŸ˜‚ Dan kalau terkenal di youtube? Oh tidak ada terbersit rasa untuk terkenal. So, aku akan tetap main ke blog Kak Ady, dan semoga Kak Ady tidak punah dari blog, itu saja sih, ahahahah πŸ˜‚

      Delete
  2. TOSSS MBA, kita sama hahahaha, saya pun kalau sedang stres atau pusing pasti bersih-bersih, habis itu biasanya ditutup dengan mandi dan keramas. Beuuuh langsung hilang semua kotoran baik dari hati, pikiran maupun badan πŸ˜‚

    Beberapa kegiatan yang menurut saya healing dalam ruang lingkup bersih-bersih adalah vacuum ruangan, dan lipat pakaian. OMG. Satisfying banget setiap lihat tumpukan baju tersusun rapi sesuai warna πŸ™ˆ Terus paling suka bersihkan meja, semacam lap-lap debu, selain itu ganti seprai juga saya sukaaa. Hehehehe.

    Mungkin karena ini, saya hobi lihat variety show related to bersih-bersih seperti House Detox Korea, Marie Kondo, dan lain sebagainya, mba πŸ˜† Puas rasanya. Wk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah, emang bersih-bersih tu udah semacam healing kali yak, kak πŸ˜‚

      Aku sendiri paling suka nyuci piring, hahahah.. Seprai juga harus sering diganti ya Kak Eno, biar gak ada tungaunya πŸ˜‚

      Aku mah sejauh ini variety show yang kutonton Running Man hahahaha πŸ˜‚ Belum pernah yang lain Kak Eno, mungkin bisa dicoba.

      Delete
  3. Hollaaa Syifaa.......

    terbukti ya memang bersih-bersih bisa menurunkan stres dan mengubah mood. Aku juga ngerasain hal yang sama kayak Syifa. Selain mood bisa berubah, aku juga ngerasa lebih fokus, terutama setelah beberes kamar dan meja kerja. Sesudah itu, pikiran terasa ringan juga, semangat bisa balik lagi untuk melakukan aktivitas selanjutnya :DD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Kak Reka, lega aja ya kan rasanya, ngliat space yang longgar. Memudahkan kita juga untuk gerak cantik (eh) kesana kemari.. πŸ˜‚

      Delete
  4. Saya jarang bersih-bersih. Sekalinya bersih-bersih, kayak lagi gotong royong saking banyaknya mengeluarkan barang dan sampah. Jadi memang barometernya adalah,"kayaknya beberapa sudut sudah terlihat sesak dan kotor."

    Menemukan barang yang ngga dicari juga salah satu hiburan pas lagi bersih-bersih. Tau-tau nemu pulpen jaman SMA, tau-tau ada foto studio sama alumni, ah, sudah kayak film Happy Old Year πŸ˜†

    ReplyDelete
    Replies
    1. Demi apa aku ngakak bacanya πŸ˜‚ Oh jadi Kak Rahul tim yang kalau penuh baru diangkut yaa πŸ˜‚ Nggak papa sih, selama tenaga masih menjangkau.

      Pas bersih-bersih gitu sukanya jadi flashback secara nggak langsung. πŸ˜‚

      Delete
  5. Bersih-bersih memang paling menyenangkan, Syifa πŸ₯°
    Benar-benar terasa sekali perubahan moodnya dari yang tadinya suntuk, lalu lebih fresh setelah selesai bersih-bersih 😍. Kenapa ya kekuatan bersih-bersih itu begitu dahsyat? 🀣. Anyway, aku nggak tahu apakah Syifa suka membaca buku atau tidak, tapi salah satu buku yang mengubah hidupku dan berkaitan dengan bersih-bersih adalah The Magic of Tidying Up by Marie Kondo. Setelah baca buku itu, keinginan untuk bersih-bersih jadi meningkat pesat πŸ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin karena semua terlihat rapi dan bersih, jadi enak dipandang mata. Dan mungkin ngaruh ke mood juga kayaknya Kak Lia. Siapa sih yang merasa nggak nyaman kalau liat ruangan wangi, bersih rapi pula?

      Aku suka baca buku Kak Lia, tapi nggak sebanyak Kak Lia tentunya. Aku catet nih kak ya judulnya, semoga ada waktu untuk baca. Makasih ya Kak Lia atas rekomendasi bukunya 🀭🀭🀭

      Delete
  6. Sejauh ini caraku ngatasin stress masih dengan menangis, Syif🀣 Belum sampai ke tahap bersih-bersih karena males, wk. Mungkin entar kalau udah punya rumah sendiri baru bisa nggak malesπŸ˜† *lol konsep apa ini🀣*. Tapi ada satu hal dari bersih-bersih yg aku lebih sering terapin sih, yaitu cuci piring! Soalnya kalau bisa cuci semua piring sampe kinclong tuh rasanya puas aja. Makanya sabun cuci piringnya cepet abis karena ternyata kalau pake tuh suka kebanyakan. Mungkin itu dia alasannya bisa kinclong beningπŸ˜†

    Tulisan yg menarik, Syifa! Aku jadi sambil nginget-nginget kegiatan apa aja yg biasa dilakuin pas lagi stressπŸ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. Astagaaa samaa bangeett Kak Awll,, aku juga paling suka cuci piring πŸ˜‚ Kok bisa samaan yaa,, di rumah orang yang suka nghabisin sabun cuci piring tu ya pasti aku hahahaha πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Aku juga masih sering nangis kok Kak 🀭 It's okay 🀭

      Makasih loh Kak Awl, selamat atas domain barunya yaaa...

      Delete
  7. Eh baru tau yg fakta ttg airmata itu anti bakteri :).

    Ini beneeeer banget sih mba. Bersih2 bisa bikin mood amat sangat membaik sebenernya. Apalagi kalo melihat lemari ato rak buku ato ruangan apapun jd bersih mengkilap Krn sudah kita rapikan :D. Bawaan lgs berasa ringaaan.

    Padahal badan pasti capek keringetan. Sama kayak olahraga. Semakin aku capek berkeringat, itu malah bikin aku semakin happy.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Kak Fanny! Terimakasih ya sudah berkunjung ke sini, aku pastikan untuk main ke blog Kakak kembali...

      Iya aku baca di beberapa artikel seperti itu. Hahaha πŸ˜‚

      Wadduh aku kalo olahraga malah gak suka. Hahaha mager kalo olahraga πŸ˜‚ Ada tips untuk yang malas olahraga nggak kak??

      Delete