ANGING MAMMIRI


Tiba-tiba,  pagi ini gue teringat lagu Anging Mammiri setelah baca postingan gue sebelumnya yang Without A Map. Sebabnya apalagi kalau bukan ke Salatiga sendirian. Jadi waktu itu, gue menjadi perwakilan duta seni kota gue. That's why di postingan itu gue bilang kalau harus pakai pakaian adat dan nata rambut sendiri, lalu maju ke atas panggung yang luasnya pake banget dan itu super deg-degan! Bukan panggung kaya panggung nikahan gitu sih, teman-teman tahu Taman Budaya Surakarta? 


TBS ini gue rasa lebih luas dari pendopo di kota gue, makanya pas itu sekalinya nglihat ke atas wah speechless! Nah jadi karena yang ikut acara itu adalah perwakilan dari seluruh kota di Jawa Tengah, maka mau nggak mau kami para peserta jadi mengenal budaya masing-masing. Sayangnya, waktu itu gue belum main facebook dan pas pulang dari acara itu satu sama lain akhirnya lost contact. Waktu itu masih pakai SMS dan teman-teman yang gue kenal di acara itu, mostly sekarang udah pada ganti nomor telepon.  

Karena acara itu juga, gue jadi bernostalgia lagu-lagu tradisional apa aja yang gue ingat. Suwe ora Jamu? Cublak-Cublak Suweng? Lir-Ilir? Padhang Bulan? Pileuleyan? Lalu merembet dengan otak gue yang memaksa untuk mengingat kira-kira lagu tradisional apa dari luar Jawa yang gue ingat. 


Apuse! Yamko Rambe Yamko! Wah kalo ini terkenal banget sih! Apalagi ya? Ampar-Ampar Pisang! Of course, waktu jadi tim paduan suara gue pernah nyanyi ini. Rasa Sayange, dan Ayo Mama dari Maluku! Gue tersenyum. Kayaknya, kenangan lagu tradisional dalam hidup gue sebagin besar berasal ketika gue masih duduk di bangku SD.  

Lalu, ada satu guru yang sangat berjasa mengenalkan lagu ini ke gue (terimakasih Bu Eni). Yap! Anging Mammiri! Gue kenal lagu ini waktu kelas 2 sekolah dasar. First impression ketika denger lagu ini apalagi kalau bukan melodinya yang syahdu. Beranjak dewasa, gue baru tahu kalau lagu ini ternyata adalah lagu yang menggambarkan kerinduan seseorang pada kekasihnya. Lagu ini berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan. (Correct me if I'm wrong)

Berikut adalah lagu Anging Mammiri yang gue suka.


Sejujurnya, gue juga sedih lagu-lagu anak mulai jarang diminati. Paling-paling gue denger kalau pas abang odong-odong lewat.


Kamu makannya apa
Saya juru masaknya
Ada tempe goreng, ada ayam goreng
Semuanya digoreng (oseng,oseng,oseng)

 


 


Kalau teman-teman, adakah lagu tradisional atau lagu anak favorit kalian? 

14 komentar

  1. Banyaaaak mba Syifana πŸ˜‚

    Saya masih sering dengar lagu-lagu daerah di Youtube, kan ada tuh yang khusus buat anak-anak dan penyanyinya anak-anak. Seru untuk didengar, sampai si kesayangan hapal 🀣 Salah satunya dia hapal lagu Rasa Sayange, dinyanyikan terus sama dia πŸ˜† Tapi cuma bagian awalnya saja, kocak hahahaha *eh jadi melantur ke mana-mana* πŸ™ˆ

    By the way, lagu anak jaman sekarang saya nggak pernah dengar, tapi kalau nggak salah ada idola anak-anak yang bagus lagunya. Kata keponakan saya ini juga, cuma saya nggak ingat nama penyanyinya, cuma ingat Ibunya itu salah satu member AB3 🀣 Entah mba Syifana tau apa nggak. Laura apa ya nama anaknya, atau Maura (?) πŸ˜†

    ReplyDelete
    Replies
    1. Woooww incredible sekali!!! Kesayangan bisa tau lagu Rasa Sayange seperti itu, hahaha 🀣🀣🀣 Nyanyi lagu itu biasanya pas lagi ngapain Kak? πŸ˜‚

      Waduh nanti aku searching lagi deh kak, siapa nama penyanyinya. Lagu anak jaman sekarang yang terbilang baru yang aku tau dari anaknya Om Anji, namanya Saga. Ada salah satu judulnya Telur Dadar. Lagunya lucu sekali, bikin happy juga. 🀣

      Delete
  2. Jadi teringat lagu apuse, dulu tahu lagu ini pas kelas 6 sd. Pas ikut acara jambore pramuka. Pas games, lirik lagunya diganti dengan lirik untuk menyesuaikan permainan.

    Kalau lagu jawa masih sering dengerin. Kayak lir-ilir..lagunya enak dan liriknya penuh makna.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, biasanya memang gitu ya Kak, apalagi pas bikin yel-yel nanti nadanya ambil dari lagu daerah lalu diganti liriknya πŸ˜‚

      Wah keren sekali kak masih dengar lagu jawa. 😊

      Delete
  3. Paling rindu mendengar lagu anak-anak 😒. Zaman sekarang udah jarang banget dengar lagu anak-anak terbaru huuu. Sayang sekali karena harus hilang tertelan zaman 😒
    Kalau lagu anak-anak favouriteku yang judulnya Anak Gembala 🀭 lagu-lagunya Tasya Kamila lainnya juga aku suka 🀭. Syifa pernah dengar salah satu lagunya kahhh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ohh tentu tau dong Kak Lia! Anak Gembala kan famous banget! Dulu juga sering dengar waktu kecil. Setelah besar kalau nggak menyempatkan waktu nggak bakal bisa denger. Hehe.

      Delete
  4. Kok saya malah jadi pengen ngeliat opening asian games 2018 kemarin yah... hahaha.πŸ˜…πŸ˜… Soalnya ada bagian yg amat teramat suka selain kembang apinya yaitu sewaktu mereka ngebawain lagu2 medley SeIndonesia... suka banget 😍 apalagi pas bagian GACnya... wahhh

    Lagu yg pling saya suka itu manuk dadali.. btw, kayanya dulu saya pernah Ke Taman Budaya Surakarta.. apa hanya perasaan yah.. tapi kayanya pernah....heheh *labil beud.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waahh Kak Bayu, kebetulan banget! Kemarin itu aku habis rewatch Asian Games 2018 di youtube! Full pula nggak diskip. Sungguh sangat meriah sekali! Dan malah pada akhirnya mengingatkan juga untuk tetap cinta tanah air hahaha 🀣🀣

      Aku juga suka manuk dadali. Musiknya enak, happy gitu, buat joget apalagi. Loh hahhaha 🀣🀣 Kepripun toh Kak? Bisa labil gitu πŸ˜‚

      Delete
  5. lagu daerah? lagu nasional? aku suka semua... tapi ada satu lagu yang bikin aku selalu ingin pulang ke rumah, yaitu Indonesia Pusaka.

    btw, lagu eno lerian mah itu ada di jamanku, kok kamu juga tahu?kirain anak sekarang mah ga pada hapal...hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ohh iya Indonesia Pusaka itu best banget ya Kak Ady. Aku juga hapal lirik dan nadanya.

      Loh ini juga diputar juga Kak Ady, apalagi pas masih TK-SD. Syifana masih sering denger lagu ini. Hahahha πŸ˜‚

      Delete
  6. Lagunya jaman dulu tapi bagus, ya. Segar, seperti ada angin lewat mendengarkannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Kak, hehehe iya memang lagunya juga ditujukan kepada angin hahaha πŸ˜‚ Jadi, vibenya terasa seperti sepoi-sepoi? Hahaha πŸ˜‚

      Delete
  7. Sebagai orang sunda aku suka lagu Panon Hideung apalagi kalau dinyanyiinnya sama orang lain berasa dipuji-puji. wakakaka...

    Klo lagu anak jujur sedih sih liat kondisi sekarang, klo zaman aku kecil dulu era Papa T Bob banyak pilihan lah ya buat dengerin lagu-lagu anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Kak Pipit! Aku jadi nambah list baru lagi nih! Nanti aku coba dengarkan lagu yang Panon Hideung ya Kak heheh πŸ˜‚

      Oh iya, aku juga sedikit banyak tahu lagu-lagu legend Papa T Bob. Bolo-bolo, Du di dam, Air, dan si Lumba-Lumba! Masih terngiang sampai sekarang! πŸ˜‚

      Delete