Talking About Emotion

Hey, so far my body is good!

I'm back setelah jari tangan ini cukup lama nggak nulis di atas keyboard. Sejujurnya menulis adalah salah satu kebutuhan gue, sebab menulis bisa membantu mengurai kekusutan yang ada di otak gue. Apalagi, setelah menjumpai suatu moment yang mana ketika itu gue cuma bisa diam, maka menulis sangat amat perlu gue lakukan setelahnya. 

Next time, gue harus lebih aware diri sendiri untuk memberikan waktu luang agar gue bisa menulis apa saja yang gue rasakan. 

Sejujurnya, gue ingin angkat topik ini udah dari lama banget. Tapi, gue urungkan dengan alasan mungkin nggak begitu berguna bagi teman-teman yang baca. Hm, mulai dari mana ya?

So, akhir-akhir ini emosi gue kayaknya lagi naik turun. Apalagi pas kalau marah, gue yang biasanya kalau marah selalu diam, tapi nggak dengan kali ini. Gue meletup-letup, lalu misuh-misuh, dan diakhiri dengan pertanyaan "itu tadi gue, ya?"

Gue sendiri bahkan merasa aneh dengan diri sendiri. Pasalnya, gue memang nggak pernah meledak, lempar barang, nglakuin ini itu yang kayaknya bukan diri gue banget. Hahaha. 

Tapi setelah marah barusan, yes baru aja gue marah, gue agaknya mulai menyadari kalau manajemen emosi gue cukup buruk. Sepertinya gue selalu menormalisasi apa-apa yang terjadi ke diri gue. Dan sebelum drama kemarahan gue yang udah mirip kayak angin topan terjadi, banyak banget hal-hal yang gue abaikan menyangkut kesehatan mental gue ini. Huh. 

    1.  Say Yes to Everyone 

Nah ini nih, ini. Habit yang udah mendarah daging dalam diri gue. Dalam konteks ini, gue selalu mengiyakan semua permintaan tolong dari orang lain. Mau gue capek, mau gue malas, pas gue sedang sakit pun kalau ada orang atau teman yang minta tolong, akan selalu gue tolong semampu dan sekuat tenaga gue.

Dan puncaknya kemarin, orang-orang yang nggak begitu gue suka datang ke gue untuk minta tolong. Heheh, bukan tanpa alasan gue nggak suka ke orang. Aneh aja kan, masa gue nggak suka ke orang tiba-tiba tanpa sebab yang jelas?

Jadi, mereka-mereka ini yang nggak gue suka, adalah orang yang ke gue pun nggak ada attitudenya sama sekali. Sangat tidak manusiawi kalau gue ceritakan di sini. Mungkin karena gue paling muda, dan mereka jauh lebih tua di atas gue, mereka merasa superior. 

Heellllaawww, bodohnya gue iyakan permintaan tolong mereka, padahal pada saat itu untuk ngliat muka mereka aja gue empeettt setengah mati. 

Akibat kejadian itu, mereka datang lagi dan lagi tanpa rasa bersalah. Sumpis, gue juga rada bego banget kenapa nggak nglawan mereka. Namanya penyesalan, selalu datang diakhir. 

Maka gue ingin bilang ke diri gue sendiri, besok lagi awas aja kalau nggak berani bilang NO ke mereka. Apaan sih, orang gue bukan malaikat, atau bahkan nabi sekalipun. 

Coba seandainya waktu itu gue lebih berani, mungkin gue nggak akan wasting energi dan waktu gue hanya untuk hal yang pada akhirnya hanya menyakiti diri gue.

    2. Antre dong bos!

Ini lagi, lucu banget deh ampun. Wajarnya kalau ada yang nyrobot antrean kan harusnya lu sewot. Nah napa diem-diem bae, coba? Masalahnya, hampir di berbagai kesempatan gue selalu mengalah untuk urusan begini.

Mulai dari ibu-ibu yang nyrobot antrian beli nasi pas pagi hari, dengan alasan anaknya mau berangkat sekolah. Padahal pas itu gue juga pakai seragam sekolah dan jarak dari rumah ke sekolah gue itu JAAAUHHH! Dan ada banyak hal lainnya untuk kasus serupa. 

Kenapa sih, untuk antre sebentar aja nggak bisa? Kenapa sih harus pakai alasan, "gue lebih penting, ngalah dulu ya bentar." Eh kalo gue boleh bilang, semua orang juga punya kepentingan kelllesss di sini.

Gue nggak habis pikir, gimana jadinya nanti kalau manusia-manusia kayak mereka di suruh antre pas hari pembalasan nanti. Kira-kira bakal ngomong ke Tuhan kaya gini nggak ya? 

    "Tuhan, aku dulu dong! Capek nih berdiri terus!"

    3. Lain kali izin dulu, ya!

Guys, meskipun ke temen, atau ke keluarga sekalipun, make sure kalau mau pinjam barang itu izin dulu. Jangan karena mentang-mentang punya hubungan yang dekat, tapi seenak udel pinjam-pinjam barang tanpa bilang dulu. 

Siapa tahu yang punya barang lagi urgent banget, terus tiba-tiba barangnya dipinjam tanpa sepengetahuan dia, hayo gimana? 

Jadi, biar sama-sama enak gitu, pokoknya izin dulu! Oke?

***

Kayaknya segini dulu deh, di luar hal di atas ada hal yang juga bikin gue emosi. Yaitu kalau pas misal janjian suka ngaret. Gue sendiri anaknya cukup on time, misal gue ada janji pukul tujuh, tiga puluh menit sebelumnya gue udah dateng. 

Karena gue selalu berpikir bahwa waktu itu sangat berharga. Baik waktu yang gue miliki, ataupun orang lain. Makanya, sebisa mungkin gue nggak ingin menghabiskan waktu orang lain. Berlaku juga ke diri gue, maka gue nggak suka kalau orang lain ngebuang waktu gue percuma. 

Sorry, tulisan kali ini nuansanya marah-marah. Haha! 

Stay healthy teman-teman!

16 komentar

  1. Wakakaka aku juga sering banget bilang iya ke orang, soalnya nggak enakan asli anaknya wkwkw. tapi habis itu mikir, anjir gimana bilang enggaknya/cara membatalkannya ya wwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naahh kann nahh kann iya ??? Hahahahah... 🤣 Pakek pusing segala lagi bilangnya gimana, hadeh 🤣

      But anyway, thanks sudah mampir ke sini ya Kak!

      Delete
  2. Syifaaa gimana kabarmu?

    Wah masalah antri emang paling bikin geram sih sama halnya dengan nunggu orang yang suka ngaret hahaha. Ini dua kebiasaan orang “kita” yang masih banyak ditemuin.

    Anyway glad to see you comeback to writing here Syifa!! gpp emosi naik turun, itu wajar kok, tinggal gimana cara kita menghadapinya aja seperti apa. Stay safe ya Syifanaaa 😉

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baaiik Kak Reka!! Kak Reka bagaimana? Aku habis ini mau BW ke teman-teman. Hahaha, rindu sekali soalnya. Hahaha 🤣

      Entahlah, suka heran kenapa susah hilang yang kaya begitu hehehe.

      Wahahah semoga nggak comeback²an lagi, gedek juga sama diri sendiri. Hehehehe 🤣

      Stay safe juga Kak Reka!

      Delete
  3. Halo syifaaa
    Are you feel good right now? I hope so. And I hope you’re not a Yes Woman anymore

    Kalo dari baca tulisanmu, aku tebak kamu itu plegmatis dan golongan darahmu bisa jadi A
    Bener ga? #sosoancenayang wkwkwkw

    Poin2 yg kamu sebutin aku setujuuu. Ga sehat kalo jadi yes man muluuu. Aku dlu suka gitu, tp uda mulai tegas dan say no kalo emg ga niat ngebantu wkwkw
    Buat yg nyerobot jg suka sebeel tapi yaah cuma bisa diem itu. Soalnya kdg diserobotnya pas lg antri makanan di kondangan ekwkw mo apa dikata kan 😂
    Tp sejak pandemi, uda jarang ngalamin momen antri makanan kondangan lg si heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Kak Friska... I'm good.. Hehe. Kak Friska sehat kan? Yes, I hope too, sedang belajar terus nih.

      Lah-lah, jangan-jangan Kak Friska cenanyang nih? Hahahha 🤣 Apa keliatan ya kalo itu semua ngrujuk ke Plegmatis? Wheheheh, tapi kalo goldar kayaknya nggak ngaruh ke kepribadian ya Kak Friska? 🤣

      Ini yang perlu aku latih terus-terusan Kak Friska. How to say No ke orang. Kak Friska ada tips tidak?

      Iya sih Kak, apa mau dikata. Selama antriannya nggak panjang mungkin masih bisa nahan heheh 🤣 Syifana mah masih ngalamin, kalo di minimarket kalo enggak pas beli makanan di luar kalo pas si ibu lagi nggak masak. Haha 🤣

      Delete
    2. sehat Syifaaaa.

      itu sifat-sifat plegmatis Syifa. Si yes man hahaha Oh golongan darah meleset yaaak. Kirain A. Jangan-jangan B??

      wah ternyata budaya serobot banyak di daerahmu ya. Kalo di sini masih pada antri tertib di minimarket maupun di tukang makanan. Hehe

      Delete
    3. Wkwkwkk Kak Friska seriusan pinter banget kalo nebak-nebak gini, instingnya kuat hahaha 🤣🤣🤣

      Iya Kak Friska, mungkin karena aku tinggal di desa? Eh udah kota sih ikutnya, tapi lingkungan rumah pedesaan, ah gimana sih jelasinnya wkwkwk 🤣 Intinya gitu deh, entahlah tingkat pendidikan itu ngaruh enggak untuk urusan antri begini wkwkwk. 🤣

      Delete
    4. wkwkwk karena sifat-sifatmu mirip aku juga Syifa yang golongan darah B HAHAHA Jadi bisa nebak gituuu 🤣

      Kayanya tingkat pendidikan cukup berpengaruh buat urusan antri. Harusnya sih yang sekolahnya tinggi agak sungkan dan malu kalo nyerobot antrian gitu.

      Delete
    5. Wohohoho, bisa punya banyak kesamaan gini ya? Hahahah 🤣🤣🤣 Tapi kalau pun nggak sama, ku rasa intuisi Kak Friska tajam hahaha 🤣 Suer setajam itu ✌️

      Harusnya karena berpendidikan ya, yah seharusnya hehe 🤭

      Delete
  4. How are youu?? Udh lama banget nggk lihat tulisan Syifanna..

    Heheh.. nggak papa! Kalau lagi esmosi jangn dipendam, nggk enak.. luapin aja..

    Dan setuju ttg "Bilang YES to everyone"... aku pun terkadang sulit akibat terlalu mentingin perasaan mereka ketimbang keadaanku.. Tpai skrang sudah mulai belajar untuk mengutamakan diri sndiri. Hehe.

    Soal antri juga.. haha. Kadang suka kesel yahh. Tapi ya begitulah adanya.. mau marah2 juga nggk enak... jadi paling cuma bisa sabar dan ngegerunek di hati..

    Well,, sehat2 untuk syifanna juga ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. I'm fine Kak Bayu, heheh 🤣 Syifana harap juga Kak Bayu sehat-sehat ya... Wahahah, harap jangan dinanti karena aku suka ng"ghosting" wahahaha 🤣

      Iya Kak Bayu, siap. Hehe 👍

      Bener banget, entah kenapa suka mentingin orang lain dulu, padahal ya belum tentu mereka mentingin sini. Huh 😌 Bagus banget kalau belajar untuk nggak gitu lagi Kak Bayu.

      Sabaaarr mari sabar... 🤪

      Sehat selalu juga untuk Kak Bayu 😊

      Delete
  5. Tak hanya kamu, akupun kadang juga sering emosi namun jujur kalau pas ingin emosi karang akunya langsung curhat di buku diary biasa kalau curhat di blog sumpah takut banget kena bullying kadang cuma nulis puisi tema cinta misalnya eh tanggapan orang dikira gresulo karena ini itu dan lainnya .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak apa-apa Kak Tari, nulis di buku juga sering Syifana lakukan kok kalau memang tidak mau di publish di blog. Heheheeh 🤣

      Yang penting jangan terlalu diambil pusing Kak Tari, toh orang lain kan belum tentu tahu kehidupan kita yang sebenarnya gimana.

      Stay safe Kak Tari...

      Delete
  6. haloo Syifana salam kenal yaaaa 😁

    aku dulu juga gitu susah banget bilang nggak ke teman karena sungkan dan aku merasa mumpung aku bisa bantu (meski seringnya memaksakan diri) hihi
    tapi lambat laun aku sudah bisa bilang nggak ke orang. yeay! semoga kamu juga bisa ya! 💃🏼

    soal antri itu aku juga kesel bangeeet. kalo aku yang dulu juga sama sih diem-diem bae diserobot sambil menyabarkan diri dan memaklumi, 'ah Indonesia memang begini' atau 'yaudahlah gpp kali doi buru-buru'
    tapi makin ke sini akunya ngegas dong kalo diserobot 🤣 entah beli bensin atau apa pun. pasti langsung bilang 'mas/mbak ini saya lagi ngantri lho' dengan wajah super judes 🤣🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Kak! Terimakasih sudah ke sini ya. Heheheh 🤣 Salam kenal juga. 💕

      Iya, sampe sekarang masih struggle untuk bilang NO kalau akunya nggak bisa. Heheh. Semoga mah kedepannya bisa diperbaiki. Aamiin...

      Wah berarti ada kemajuan itu Kak 🤣 Setidaknya kalau aku ada di posisi itu, aku mau bilang "mba mas bisa ngantri nggak?" Hahahahah 🤣🤣🤣

      Delete