TALKING ABOUT ONLINE SCHOOL & EDUCATION

 



Jreengg...Jreeng.. So, sesibuk apa sih gue sampai ga bisa buka blog? Senggak bisa itukah? Well, the answer is yes. But, gais gue kadang ingin menyempatkan aktivitas blogging gue di sela-sela waktu belajar atau istirahat gue. But end-up dengan cuma baca postingan temen-temen blogger. Btw, I'm so happy dengan kembalinya Kak Eno. 

Back to the topic, kayaknya mulai ke depan intensitas gue menulis di blog bakal jauh lebih berkurang. HAHAHHA? APA? GAK SALAH LU? Iyeee.. bayangin aja, waktu belum back to school aja gue jarang blogging. Gimana ceritanya bisa lebih berkurang? Yang ada blog ini lama-lama bisa dimuseumkan! Hahaha, let's see! Lol 😂

Gue masih berusaha adaptasi dengan dunia perkuliahan. Sumpis, di minggu pertama gue rasanya pengin meledak! 💥 Dah online, ngantuk, capek duduk berjam-jam, dan satu lagi gue pikir dunia perkuliahan nggak bakal ngagetin banget-banget lah.. Oh my gosh, I'm totally wrong! Cari referensi sendiri, tugas yang luar biasa banyak, belum lagi ngadepin temen-temen yang yaaahh kadang bisa bikin senewen. Yang paling parah adalah ketika dosen seenaknya ganti jadwal kuliah dan malah tabrakan. I experienced once this week, and I couldn't say anything. 

Belum lagi tugas ospek yang kayak banjir bandang. Yes, gue mengeluh. Tapi yah kalau temen-temen lihat di twitter,  kampus gue sempat masuk trending hanya karena tugas ospek yang gila-gilaan. Di saat kampus lain dah selesai ospek dan mulai perkuliahan, kampus gue masih aja ospek dan masih aja nyelipin ospek-ospek tambahan di hari Sabtu dan Minggu. Kalau dihitung-hitung, hampir satu setengah bulan kalau ikut ospek di kampus gue. Semoga, ospek akhir September ini jadi ospek yang terakhir buat gue dan temen-temen angkatan. Ga ngerti lagi dah.

But anyway, minggu ini udah masuk ke minggu-4 dimana perkuliahan di mulai, which is udah satu bulan. Semua-semua serba online, pagi sampe malam kerjaannya mantengin laptop mulu. Capek? Pastinya. Tapi kalau refleksi ke titik di mana tahun lalu gue pengin banget masuk sekolah, gue rasa gue nggak pantas ngeluh sekarang. 

Harusnya gue bersyukur, bisa dapat kesempatan untuk sekolah. Dapat ilmu dan mengingat betapa mahalnya biaya pendidikan. Tadi siang, sewaktu mata kuliah Pengembangan Karakter dosen gue bilang bahwa pemerintah itu setidaknya mengeluarkan uang subsidi pendidikan untuk satu mahasiswa sarjana sebesar 72-92 juta. Ini belum termasuk biaya pendidikan yang dikeluarkan mandiri let's say UKT, SPI, etc. Kebayang kan gimana pemerintah sebenarnya udah berusaha banget untuk memajukan pendidikan negara ini?. Angka tadi terbilang guuedee banget karena gue belum bisa dapet duit segitu hahha.  Juga betapa gue sangat CINTA BELAJAR. Plis ini dah kayak Maudy Ayunda aja. Hahaha 😂. But seriously, segitu cintanya gue sama belajar. Kalau boleh, gue pengin bikin perpustakaan sendiri! Saking sukanya baca buku dan mikir.

Harusnya lagi, kesempatan yang ada di tangan gue saat ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Bagaimana pendidikan yang gue dapat tidak hanya menguntungkan bagi diri sendiri, tapi juga untuk keluarga, lingkungan sekitar, bahkan kalau bisa untuk negara. Mungkin terlihat hiperbola, tapi sesungguhnya tongkat estafet perjuangan bangsa ini siapa lagi yang pegang kalau bukan anak-anak mudanya? 

Sebelum menutup tulisan kali ini, gue sedikit banyak sadar akan ucapan dosen ada benarnya juga. Menjadi MAHAsiswa, itu artinya sebutan yang paling tinggi yang disandang oleh orang-orang yang berkesempatan duduk di Perguruan Tinggi. MAHAsiswa berarti maha belajar, maha kritis, maha rajin, dan maha-maha lainnya. Rasanya aneh, kalau MAHAsiswa tapi nggak suka belajar.

Have a nice day teman-teman!

10 komentar

  1. Syifana, semangatmuhh bikin kuterhura dan amazed🥺 Cerita-cerita pas jadi maba sekelebat bikin aku flashback ke masa2 itu juga hihi, api2 di dalam diri ini masih menggebu-gebu banget. Cuma bedanya aku nggak secinta belajar itu kayak Syifana, makanya apinya cepat padam😆 Semoga lancar teruuss perkuliahannya ya, dan semoga mendapat nilai yg memuaskan🤗

    *ps: tugas ospek mah kalo ga wajib gak usah dikerjain aja, nanti pusing sendiri🤫 wkwkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hwwhwhw kadang juga aku masih padam kok Kak Awl, hehehe.. Cuma kalo pas lagi demotivated buat belajar biasanya emang istirahat dulu, drakoran dulu atau nyanyi-nyanyi ga jelas wk. Iyaa Aamiin, makasih banyak ya Kak Awl doanya. Semoga Kak Awl juga dilancarkan selalu urusannya sama Allah.

      Sayangnya aku tipe maba yang pasrah kalau disuruh kating ini itu wkwkwk.. nyaliku tidak sebesar itu Kak Awl :(

      Delete
  2. Aloha mba Syifana, glad you are back! 😍

    Pasti sedang hectic-hecticnya dengan adaptasi dunia perkuliahan, ya? That's okay mba, take your time. Kalau misalnya perlu vakum pun nggak masalah. Karena yang namanya hidup selalu ada prioritas 😆

    Semangat~!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo Kak Eno! Aku sih yang harusnya lebih senang karena Kak Eno balik ke blog. Aku sering main ke Kak Eno pas lagi pusing-pusingnya nugas. Mau komen tapi nanti takut keterusan, wkwwk. Maklum kak, kalo ngobrol sama Kak Eno bawaannya nggak habis-habis hahahah :D Ah jadi pengen cepet libur semester wkwkwk biar banyak waktu luangnya.. (auto ditimpuk dosen. baru sebulan jadi maba haha)

      Semangat juga buat kak Eno. Semoga Kak Eno dan sekeluarga diberikan kesehatan selalu, ya.. Aamiin :)

      Delete
  3. Adik Syifanaaaa... Holaaaa

    Wah, lagi sibuk jadi Maba yaaa. Jadi inget dulu pas jadi Maba... ga berkesan soalnya aku ikut kelas karyawan, ga ada ospek atau apapun, langsung kuliah sore sehabis kerja.

    Dan bener sekali, kuliahlah karena memang cinta belajar, itu penting banget. Kan kita akan belajar selama 4 tahun (semoga ga lebih) jadi kecintaan itu membuat 4 tahun terasa ga berat, bahkan menyenangkan dan excited!

    Katanya, kuliah ini adalah waktunya menjadi kritis dan lebih mandiri dalam belajar, makanya kalo lebih banyak tugas daripada jam kuliahnya, ya begitulah...

    but i'm sure you will find it so much fun :D karena ya... you are syifana!

    Jangan kuatir sama blogging, ini mah cuma hobi aja. tentunya bukan prioritas kamu saat ini. Kembalilah nulis kalo kamu emang pengin nulis dan kangen bersua di blog.

    Semangat terus Syifana!

    Oia, update lagi dong youtubenya, gini-gini juga aku selalu ingin melihat adik syifana berbicara di depan kamera.

    yak yak yak...!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo Kak Ady,, maaf sekali ya belum bisa main lagi, sedih 😥 Iyaa sibuk banget jadi mana, masih penyesuaian..

      Kuliah sambil kerja itu beneran hebat banget loh Kak Ady menurutku, karena aku sendiri aja yang cuma sekolah aja capeknya luar biasa, ditambah kerja, pasti jauh lebih capek.. Aku saja belum tentu mampu, selain aku juga orangnya agak gimana gitu, suka sakit haha 🤣

      Ihh iya betul bangett, Kak! Lebih banyak tugasnya ketimbang jam kuliahnya. Hahaha 🥺 Wkwkwk sekarang sih berusaha dinikmati, apalagi kalau nemu matkul yang super fun! Makin nikmat hahah 🤣

      Iya Kak Ady, sesekali aku nulis kalau memang sempat aja, tapi kalau blogging aku sempatkan juga sebetulnya, meski gak komen. Ke Kak Ady juga pastinya, haha 😆

      Haduh Kak Ady, blog mah cuma buat fun aja atuhh hhahahah 🤣 aku aja kalo nonton video sendiri kadang pengin ngakak campur enek juga hahha 🤣🤣🤣

      Sehat-sehat ya Kak Ady!!!

      Delete
  4. Semangat Syifa kuliah nya... yaa, kadang lelah sih menatap layar berjam-jam seharian. Gapapa kok. Coba sesekali istirahat dari layar setiap 1 atau 2 jam. Aku pun begitu, pagi sampai sore di depan layar laptop terus. Lelah juga ini mata haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Kak Dodo! Apa kabar? 😁

      Iya nggak dipungkiri itu beneran capek bangeettt!!! Kadang bisa sampek berair matanya 😅 Iya harus dicoba nih Kak, soalnya aku anaknya kalau dah ngadep laptop lupa berdiri atau sekadar minum, hahah 🤣 Maunya selese saat itu juga.

      Sehat selalu ya Kak Dodo 😊

      Delete
  5. kalau aku inget inget waktu awal ospek jadi maba dulu emang bawaannya suka ngeselin ya, apalagi yang tugasnya aneh. super aneh dan bikin mikir lamaa banget yang dimaksud apaan
    disuruh lari-lari keliling kampus segala, katanya kalau ga ikut ospek nanti pas lulus susah. ternyata enggak juga, temen aku ga ikut ospek tapi cumlaude :D

    sekarang serba online ya, kalau mau refresh juga di rumah, mungkin bisa ambil rehat bentar beli minuman kesukaan. Dan positive thinking.

    cemunguddd

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ihhhh ku kira cuma di zaman aku doang loh Kak Ainun, nakut-nakutin segala pake entar kalo gak ikutan ga dapat sertifikat dan ga bisa ikutan skripsi. Ya ampun segitunya 😂

      Iya masih online nih Kak, tapi sepertinya mulai tahun depan sudah mulai luring nih Kak, jadi bisa tatap muka diselingi online.

      Siap Kak Ainun, Terima kasih sarannya...
      Sehat selalu Kak 😄

      Delete