Emptyness


Kak Eno mengusulkan tema tentang apa yang dilakukan ketika rumah dalam keadaan kosong dan hanya sendirian? Sebetulnya gue nggak ada jawaban pasti, kudu ngapain ketika rumah kosong. Sebabnya ya menurut gue, I'm not doing special things.

Tapi saat rumah dalam keadaan kosong, yang jelas perasaan gue sangat senang. Buat introvert kaya gue ini, hal seperti itu like a gem! Time to relieve my stress, my anxiety, and being comfortable with my own. 

Biasanya gue akan memulai dengan memutar lagu-lagu yang semakin mendukung suasana. Contohnya beberapa waktu yang lalu, ketika rumah dalam keadaan kosong, gue duduk sendiri di ruang tengah. Gue menyenderkan bahu gue di sofa, lalu mata gue mengamati langit mendung yang bisa dilihat dari jendela. Apalagi saat itu, suhu udara memang sedang dingin-dinginnya.

Untuk beberapa saat, gue menghela nafas dalam-dalam. Gue menikmati setiap helaan nafas yang keluar dari hidung gue. Mendengar jelas ada bunyi jarum jam yang berdetak, dan bunyi angin yang semakin kencang, karena setelahnya hujan deras mengguyur. Mungkin itu kah yang dinamakan mindfullness?

Beberapa saat kemudian, setelah merasa "nyaman" otak gue mulai bekerja untuk merefleksikan apa yang terjadi di hari-hari yang lalu. Contohnya saat gue yang menyimpan memori makan seblak buatan budhe waktu main ke rumahnya, gue yang baru beberapa tahun lalu masih dibawah sepuluh tahun dan besok udah 19 aja, gue yang hingga detik ini masih terus belajar memahami diri sendiri serta berusaha belajar untuk memahami kehidupan. 

Entah kenapa, looking back myself in the past selalu jadi hal yang menyenangkan bagi gue. Seperti diberi alarm otomatis bahwa gue sudah berjalan sejauh itu, dan apa yang perlu dikhawatirkan? Juga sama seperti mengapresiasi diri sendiri akan kenyataan bahwa gue bisa melewati begitu banyak masalah dan bertahan hingga detik ini. Life is so hard, sometimes. That's okay.

Yang jelas, saat-saat seperti itulah yang membuat gue berhasil tersenyum sambil memeluk diri gue sendiri. Oh ya, gue nulis ini sambil dengerin lagu terbaru dari Paul Kim. 



Nggak seperti tulisan ODOP sebelumnya yang isinya panjang, kali lebar, kali tinggi. Tulisan kali ini nggak sepanjang Jalan Anyer-Panarukan kok 😂 Hft, untunglah 😌

Teman-teman, kalau sedang sendiri melakukan apa saja?




8 komentar

  1. percaya ga percaya, apa yang kamu tulis di atas, begitulah aku kalo mengisi hari-hari sendiri di rumah, ga jauh melihat hujan (kalo hujan) nonton video youtube channelnya syifana (hehehe...) dan greatmind jg suka kutonton, gitasav jg, dan channel-channel fotografi luaran sana. dan sekarang lagi suka nonton dokumenternya patagoniaa, pokoknya tentang alam gitu deh, mantap.. menginspirasi lah pokoknya, hehe...

    dan sekarang pengen lebih banyak melamun biar bisa lebbih banyak ngobrol sama diri sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah nontonin aku? Hahaha, yang ada bukannya dapet benefit malah makin pening kepalanya wkwkw 🤣 But anyway, thanks sudah kesini Kak Ady.

      Wah kalo melamun tuh, juga makananku itu 🤣

      Delete
  2. Kalo waktu benar-benar sendiri itu hampir terjadi setiap malam sebelum tidur. Biasanya abis baca, ngerekap dulu kejadian seharian. Terus biasanya kepikiran hal-hal lain. Dan inilah penyebabnya saya jadi sering begadang.

    Dulu pas kecil, kalo sendirian di rumah sering ngebayangin rumah terbang di sebuah planet kayak Zathura. Ha ha ha. Atau, jadi Kevin McCallister dalam film Home Alone

    ReplyDelete
    Replies
    1. Momen-momen ngrekap kejadian seharian itu sungguh menyenangkan sih Kak Rahul. Kali aja ada satu hal yang berkesan di hari itu dan akhirnya give positive impact ke diri sendiri.

      Hahaha 🤣 Aku juga waktu nonton film yang kaya gitu otomatis jadi mengkhayal sendiri. 🤣

      Delete
  3. Beuh, lagu Paul Kim yang Love Letter ini bagus banget sih, aku nonton mv-nya mewek masa, Syifa 🤣 #lemah

    Btw, aku kalau lagi sendirian juga suka merenung. Kadang sambil peluk guling terus bengong aja. Kayak gini aja rasanya enak 🤣 apalagi ditambah sambil dengerin lagu, makin double enaknya 😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. Luar biasa banget kak, MV-nya. Aku juga mewek 😭 Ini jadinya aku puter lagi lagunya, saking bagusnya 🤣

      Hahaha, kayaknya kalo merenung gitu ditambah lagu jadi plus-plus nikmatnya Kak Lia. Hahaha 🤣

      Delete
  4. Serasa baca novel syif.
    Tulisanmu cocok nih buat jadi novel hihihi
    Pilihan katamu bagus 👍🏻

    Aku setujuuu. Waktu sendiri di rumah entah mengapa jadi waktu yang ditunggu-tunggu yaak. Aku suka sendirian di rumah 😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, belum masuk sih sepertinya Kak Friska 🤣 too basic untuk gaya penulisanku yang seperti itu hahah 🤣 But, thank you Kak Friska 😍

      Ya mau gimana, tim introvert nih. Hahahah 🤣

      Delete