A Longing


Oke, apakah gue sanggup untuk  melewati challenge One Day One Post berdasarkan ide Kak Rahul di Kafe MM? 🤔 Mengingat, gue sendiri sejujurnya nggak ada jadwal kapan gue harus post di blog ini. Iya, semuanya semau gue hahaha 🤣 *minta digaplok emang. Baiklah, ini adalah tulisan perdana ODOP gue. Semoga teman-teman tidak jenuh ya melihat gue beberapa hari ke depan. 🤗

Gue nulis ini pukul 11 malam teman-teman, nggak tau tuh bakal di up kapan. Yang jelas ini adalah tema ODOP dari Kak Lia , si peri kecil nan imut. Uuhh 😍

Untuk mikir tulisan buat tema ini, jujur butuh waktu berhari-hari. Selain karena kehidupan gue yang sangat biasa-biasa saja, gue sendiri jarang banget holiday

Asli deh Kak Lia, maaf banget kalau nggak begitu nyambung sama temanya. 😭

Waktu pas masih sekolah karena full day school, maka gue berangkat setiap Senin sampai Jumat. Selama lima hari itu, gue selalu pulang sore. Rata-rata sih pukul enam sampai rumah. Gue manfaatin lima hari itu untuk ikut ekstrakurikuler sebanyak-banyaknya. Ya gitulah jadinya, selalu full jadwal gue. Untuk Sabtu sendiri, gue masih harus ke sekolah karena jadwal organisasi. Minggunya, waktunya bobo cantik. 🤗 Jadi, bisa dipastikan gue jarang banget liburan. 

Ini kepala mencari kenangan apakah gue pernah liburan kemarin-kemarin sebelum corona menyerang? Semakin gue gali, semakin kepala sakit karena emang beneran nggak ada 😭. 

Satu-satunya pergi jauh dan bareng keluarga adalah waktu mudik pulang kampung. Hahaha 🤣 Jadi Kak Lia si peri kecil yang baik hati lagi manis lagi cantik, lagi pengin dimanja *eh, mohon dimaklumi ya, Kak. 🤣

Jadi, biasanya gue mudik bareng bapak (always sih ini). Gue biasanya mudik ke kampung itu H-7 or H-3 (?) hari raya. Bisa dibayangin lah gimana macetnya. Nah terus, hal yang nggak pernah absen dari mudik adalah buku! Karena macet, dan males nonton video, makanya gue sengaja bawa buku untuk dibawa di perjalanan. Selain itu, gue juga bawa alat tulis, dan of course camilan. Biasanya gue selalu pilih camilan yang gurih atau asin, karena gue nggak terlalu suka makanan manis. 

Beberapa tahun belakangan, ketika mudik gue lebih sering lewat jalan tol. Seingat gue, dulu sih lebih sering lewat jalur pantura. Nuansa ketika mudik yang bikin gue senang adalah saat sesama pemudik bawa barang banyak banget, kayak parsel lebaran untuk dibawa pulang kampung. Meriah aja gitu rasanya. 


Gue jarang banget mengabadikan momen kaya gini. Nggak tau kenapa, mager aja. Untungnya ada stock foto 🤣


Yang bikin kesal ketika mudik selain macet adalah gue yang dikit-dikit belet pipis. Padahal, nyari rest area kan nggak segampang itu. Especially ketika gue udah nggak tahan lagi.  Kalau udah seperti itu, bapak langsung misuh-misuh karena gue hobi banget belet pipis. 🤣


Aturan setiap kali mudik oleh bapak adalah, berangkat mudik pas pagi hari. Lalu pulang ke kota dari kampung waktu malam hari. 


Saat udah sampai di kampung, reaksi saudara di sana mostly sih heboh. 

"Kok koe ndang gedhe to nduk? Padahal ndek mbiyen jek timik-timik koyo ngono kae. (Kok kamu cepat besar sih? Padahal dulu masih kecil-kecil kaya gitu)." 

Libur lebaran di desa selalu dihabiskan dengan acara kumpul, makan, lalu liburan sama-sama ke objek wisata setempat. Sadly dokumentasinya sudah raib. 😭

Kayaknya pergi sebelum corona itu aja deh, sebuah hal yang tahun lalu nggak bisa gue lakukan. ☹️ Enggak tahu kalau tahun ini, semoga sih bisa mudik lagi. 

Untuk event sebelum pandemi dimana gue terlibat adalah acara pagelaran seni untuk nilai kelulusan. Waktu itu, Januari 2020. Orang-orang belum pakai masker kaya sekarang. 

Di acara pagelaran itu, gue jadi director sekaligus wakil ketua pelaksana. Setiap kelas menampilkan drama dan ada perwakilannya, kok. 

Hal yang bisa gue petik dari event itu adalah belajar kesabaran. Mulai dari bikin naskah, rehearsal para pemainnya, tim properti yang kadang masih bingung di menit berapa aja they should change the properties, sampai urusan cari dana sponsor juga gue turut andil. Persiapannya sendiri memakan waktu selama satu semester . Tidak bisa dijelaskan lagi dengan kata-kata. 

Thankfully, semua pengorbanan itu terbayar dengan tepuk tangan yang meriah dari para penonton. Ini yang nonton adalah seluruh guru, warga sekolah, siswa sekolah lain, pihak sponsor, bahkan warga setempat juga ikutan nonton. Acaranya berlangsung selama tiga hari, dan itu rame banget. 


Saharsa, nama teater kelas gue 💕



Love lagi aja, deh ❤️


Ada banyak banget hal-hal yang gue rindukan sebelum pandemi seperti sekarang. Dan mungkin akan lebih rindu lagi kalau pandemi ini tak kunjung usai. 

Semoga teman-teman selalu sehat, ya 🤗

26 komentar

  1. Wihh, Syifa udah posting aja nih 🙈 tepat waktu sekali hihihi. Ah Syifaaa~ ini tulisannya udah sesuai dengan topik kok! Wkwkwk aku malah suka bacanya karena ceritanya ngalir 😍

    Syifa baca buku di mobil nggak mual? 😂 Soalnya aku gampang banget mual kalau kelamaan nunduk di mobil wkwkwk. Kasih tipsnya dong supaya nggak cepat mual kalau baca di mobil 😂

    Laluuu, aku ngerasain juga tuh kalau perjalanan jauh entah kenapa jadi mudah beser padahal biasanya nggak sebeser itu 😂 jadi sering nahan pipis mulu gara-gara mau keluar rest area, eh udah pengin pipis lagi #plakk

    Btw, Syifa keren banget euy bisa jadi director 😍 what a memory! Pasti pengalaman berharga banget ya 😍 bahkan sponsornya juga brand-brand besar lho~ hebat euyyy!! 👏🏻

    Terakhir, semoga tahun ini bisa mudik yaaaa! Semoga semogaaaaa 🙏🏻 pasti udah pada rindu kampung halaman karena tahun lalu banyak yang nggak bisa mudik 😢. Thank you for sharing, Syifa 😘😘

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini semacam tulisan dadakan, digoreng lalu langsung ditiriskan. Hahahah 🤣 Aku udah ketar-ketir, takut melenceng dari tema Kak Lia. 😂

      Dulu sih mual Kak Lia, tapi sejak aku tau kuncinya, hahaha tau kuncinya pulak* 🤣 hal itu berangsur-angsur menghilang. Aku selalu make sure kalau perutku selalu full sepanjang perjalanan. Entah kenapa kalau perut kosong, lalu kembung, lalu kalau baca buku makin ga karuan rasanya. Sejauh ini, sih worked di aku Kak Lia hahahah 🤣🤣🤣

      Tapi ya itu tadi, konsekuensinya jadi belet pipis mulu. Bener juga, baru keluar dari rest area, eh kebelet lagi 🤣🤣🤣

      Memang harus nyari yang brand besar Kak Lia, karena pengeluarannya sendiri jutaan untuk sekali show. Belum dihitung sama pengeluaran selama latihan, itu juga masih harus ditutup sama kas kelas. Hahahah ya begitulah 🤣

      Aamiin, semoga keadaan lekas pulih ya Kak Lia! Thank you juga sudah nulis Bandung di postingan Kak Lia, makin ngiler liat Bandung 🤤

      Delete
  2. aku tidak bisa ODOP, dulu pernah ikutan 30hari bercerita di IG, tapi hanya bertahan di pertengahan bulan. Apalagi blog, yang pasti bakal ketinggalan..hahhaaa
    bukan tanpa alasan sih, biasanya aku nulis blog sambil riset kecil-kecilan tentang apa yang aku tulis. Jadi kalau nulis langsung posting kayaknya ga bisa..makanya dulu ga menang flash blogging..ehehhehe

    semangat yaa untuk one day one post-nya...hehhehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. 30 hari bercerita di IG? Wow, kayaknya keren tuh Kak Rivai! Temanya bebas selama bercerita di IG kak? Atau sudah ada ketentuannya?

      Seriusan baru denger ada event menulis di IG, dan 30 hari pula. Itu sih, lama banget Kak Rivai. Aku juga sepertinya nggak sanggup 🤣

      Semoga di lain waktu Kak Rivai bisa menang flash blogging deh, sama ikut event ODOP berikutnya. Ini juga temanya yang simple-simple kok Kak Rivai. 😊

      Delete
  3. Saya juga sebenarnya ngga ada liburan sebelum pandemi Syifana, soalnya sebelum pandemi kan masih sibuk kuliah. Pas kak Lia bikin tema ini, saya cukup pede bisa nulis cerita liburan. Eh, taunya ngga ada yang benar-benar liburan. Ha ha ha.

    Saya jarang pulang ke kampung, paling beberapa tahun kalo keluarga bikin acara. Jadi ngga pernah ngerti rasanya mudik karena tiap hari raya selalu di rumah.

    Untuk pementasannya, keren. Meski ngga liat langsung, andil kamu jadi sutradara itu bikin saya kagum euy. Bagaimana koordinasi tiap divisi itu biki kepala puyeng. Saya jadi ingat pernah juga jadi sutradara film pendek, meski skalanya kecil tapi cukup bikin saya pusing. Kebayang kamu Syifana yang skalanya satu sekolah, bahkan ditonton anak sekolah lain. Keren euy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah iya kan Kak Rahul? Pas baca tema dari Kak Lia, okelah bisa. Giliran nulis, loh emang nggak ada schedule liburan. Hahahaha 🤣🤣🤣

      Kak Rahul pulang kampung ke Jawa atau gimana? Atau masih di Sulawesi juga? Mudik itu ya seperti mengobati kerinduan Kak Rahul. Apalagi kalau dalam satu keluarga tinggalnya berjauhan. Jadi, mudik adalah momen yang selalu dinanti.

      Belum seberapa Kak Rahul, masih perlu belajar. Oh ya? Kak Rahul juga pernah jadi sutradara film pendek? Aku juga pernah beberapa kali kak! Hahaha. Kalau film kan masih bisa diedit biar pas, kalau pementasan live seperti ini gimana mau ngeditnya? Hahaha 🤣

      Bener banget Kak Rahul, memang semuanya pusing. Tapi pasti ada kepuasan tersendiri setelah menyelesaikan tiap projectnya. 😂

      Makasih Kak Rahul, you are more awesome! 😊

      Delete
  4. Halo Syifana salam kenal yak!! Wah kepribadianmu sama kaya aku! INFJ hehe tapi aku ga ada embel-embel T nya sih

    kangen ya pastinya buat mudik lebaraaan... ketemu keluarga di kampung halaman. Semoga saja taun ini bisa mudik lebaran yak

    Wah aku juga suka belet pipis kalo perjalanan jauh! hihih makanya aku sebel kalo kelamaan di jalaan. Ga bebas buat pipis (apalagi yang besar) hhahahaha

    Wuiiiih aku dlu jaman SMA pun jadi director. Banyak nih kesamaannya kita. Cuma theater kamu lebih keren sih. Sampe pakai sponsor segala. Aku sih drama kelas buat ikutan lomba gitu antar sekolah hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaahh senang banget ketemu INFJ lainnya!!! Kita ini populasi langka loh Kak Friska! Jadi perlu dilestarikan hahahah 🤣🤣🤣

      Kangen tentunya Kak Friska, semoga semuanya cepat pulih. Aamiin.

      Mungkin kalau bisa bikin WC berjalan, aku sih pengin gitu ada WC berjalan. Jadinya, nggak usah repot-repot nahan pipis kalau pergi jauh hahaha 🤣

      Mantaap Kak Friska! Director itu pusing-pusing gimana gitu lah.. 🤭 Pasti Kak Friska tau sih rasanya.

      Itu karena ditampilkan di khalayak luas kak, jadi mau tidak mau harus pakai sponsor. Karena pengeluarannya juga banyak. Coba kalau cuma guru sendiri yang nilai, nggak akan latihan berlama-lama, apalagi sampai cari sponsor. Haha 😂

      Delete
    2. Bener. Populasi langka yak hihihi
      Aduh uda kaya satwa langka ajaaa perlu dilestarikan hihihi

      Amiiiinn.

      hahahaha WC berjalan. Ini bisa jadi inovasi product masa mendatang 🤣🤣🤣 Aku salah satu yang bakal pakai produknya hahaha

      Pusing banget kalo yang diaturnya suka ga nurut!!! HAHAHA Apalagi pas aku lagi ngatur, aku terserang batuk. Ya ampun. Ga bisa ngomong banyak!!! Kesel bangeeett

      Tapi itu project keren banget kaaann... Bagus masuk CV hehehe

      Delete
    3. Hahaha ya kan? Katanya kan paling langka 🤣

      Mantap betul, nanti aku juga mau pakai produknya semisal ada, Kak! Wkwkw 🤣

      Nah itu makin parah, udah lelah lahir batin itu mah namanya 🤣

      Delete
  5. Hai Syifaaaa, kamu apa kabar??

    kita samaan lagi deh, jarang mengabadikan momen melalui foto hahaha. Mengingat liburan sebelum corona, aku sendiri sama kayak Syifa.

    Saat sebelum corona menyerang aku inget banget waktu itu lagi booming naik MRT, dan pertama kali nya aku naik MRT tepat 2 bulan sebelum corona yang tiba2 melonjak kasusnya di Jakarta. Nyaris, mungkin kalau waktu itu coronce ini lebih cepat masuknya ke Indonesia, aku belum bisa naik MRT hahaha. Momen yang cukup berkesan karena pake acara nyasar segala sama temen dan untuk naik MRT dari rumahku itu cukup jauh, bersyukur udah merasakan gimana rasanya naik kereta model begini :D

    ceritaku kayaknya bukan liburan ya? wkwk. tapi gpp lah, kegiatan Syifa diatas lebih asyik, banyak juga aktivitas Syifa sebagai pelajar ya hohoho. Aku malah penasaran dengan Syifa sebagai director dalam acara pagelaran seni, keren Syif!!!

    omong-omong, Semangat ya untuk ODOP Challengenya hehe, stay safe Syifaaaa ;3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hola Kak Reka!

      Waduh-waduh, tim males mendokumentasikan ini namanya 🤣 Sekalinya ngfoto objek berarti sedang tidak biasa-biasanya. Hahaha 🤣

      Oh yang Kak Reka ketemu Pak Jokowi bukan sih? Yang jarak Kak Reka sama Pak Presiden dekatan, tapi ga sampe nyapa beliau? 😂

      Aku sendiri malah belum pernah coba MRT. Asyik ya Kak pastinya? Ada rute-rutenya juga ya pasti Kak? Ribet tidak?

      Tidak ada yang perlu dipenasarankan Kak Reka, seperti pada umumnya director. Banyak nglatih pemeran, sambil kalkulasi timing yang tepat. Sambil cek sound yang fit in untuk pagelaran, dan tentunya juga memastikan tim kostum, tim properti sudah berjalan sesuai tupoksinya masing-masing. Hahaha 🤣

      Semangat juga Kak Reka, stay safe always 😍

      Delete
  6. Hi mba Syifanaaa 😆

    Kok kita samaan siiiih, saya jaman kecil sering ganggu Ayah saya yang sedang menyetir hanya karena alasan kebelet 🤣 Sampai kadang ayah saya jengkel sendiri 🙈

    Gara-gara itu, kalau saya sedang flight, saya paling malas minum, sebab nggak mau jika tiba-tiba ada rasa kebelet dan harus visit toilet pesawat 😅 Wk. Bahkan, setelah sekian banyak penerbangan saya lakukan, saya belum pernah lihat toilet pesawat seperti apa in real, beside dari Youtube atau page yang saya baca 😆✌

    By the way, baca cerita mba Syifana, saya ikut sedih, semoga soon bisa kembali rayakan hari spesial bersama keluarga besar ya, mba 😁💕 Terima kasih sudah berbagi cerita, hihi, jadi bisa membayangkan seperti apa pengalaman mba Syifana 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haaii Kak Eno yang cantik, wk 🙈

      Lucunya ya, Kak Eno ternyata agak bandel juga waktu kecil hahaha 🤣🤣🤣
      Biasa, bapak-bapak mah gemes kalau digangguin anaknya. Hahaha 🤣

      Eh iya Kak Eno, samaan. Kadang sampe dibelain supaya nggak minum dulu supaya nggak beser, wahahah 🤣🤣🤣

      Seriously Kak Eno? 😲 Toilet pesawat bersih kan Kak Eno? Haha 🤣 Bisa brabe juga kalau pas udah nggak tahan lagi 🙈

      Aamiin.. Semoga bisa segera kumpul lagi sama keluarga. Semoga Kak Eno juga bisa balik ke Jeju lagi dan ketemu eomma dan appanya Kak Eno. ❤️

      Terimakasih juga sudah mau ke sini Kak Eno hehehe 😂

      Delete
  7. Seru seru seru !ba Syifanna.. haha.
    Saya jadi inget momen mudik yang sama sudah hampir 2 tahun kami nggk merasakan mudik... hmmm 😳
    Kita kalau mudik malah biasanya berangkatnya malam.. jam 7 atau abis isya... paling kalau lancar besok jam 10 siang sudah sampai di Magelang... heheh

    Mba Syifana hebat banget, bisa baca buku di mobil.. kalau saya malah udh mual dluan, orang baca pesan di hp aja kadang bikin mual.. heheh. jadi, biasanya kalau di mobil paling dngerin lagu atau nggk ngemil.. heheh..

    Makasih lohhh buat tulisan yg berhasil bikin nostalgia.. 🤭🤭

    Btw, Saya juga pernah ngerasain nyari sponsor.. ya ampunn ribet banget.. kadang mereka mintanya suka macam2..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga Kak Bayu bisa mudik lagi! Wah justru kebalik ya Kak? Hahaha 🤣 Alasan kalau berangkat mudik pas pagi itu lebih ke kenyamanan yang nyupir. Hahaha 🤣 Pulang dari kampung pas malam karena ada satu warung makan yang udah jadi langganan banget gitu. Jadi tiap pulang mudik malamnya mampir ke sana dulu. Dan memang bukanya mulai sore hari sampai dini hari kalau tidak salah. Jadinya seperti itu. Hahaha 🤣

      Hahahah 🤣 nyebelin banget kalau pihak sponsor ngajuin feedback yang aneh. Pernah waktu itu, minta feedback buat tembok kelas dicat pakai salah satu brand ponsel ternama. Iya duitnya gedhe, banget malah. Tapi masa tembok kelas harus dicat pake background iklan HP? Kan nggak lucu hahahahah 🤣🤣🤣

      Yang ada tiap guru ngajar salfoknya sama bintang iklannya, hahaha 🤣

      Delete
  8. Saya ga mau muddikkkkk 🤣🤣 masalahnya, kedua ortu dah ga ada. Kalaupun ada cuma om dan tante yang ada di semarang dan rembang.

    Kenapa g mau mudik? capeekk hahaha maklum saya yg nyupir dan pernah ngalamin semarang bogor makan waktu 38 jam nyetir..🤣🤣🤣

    Saya nyetir sambil mata merem pake feeling ajah.🤣🤣

    Jadi, kalau mau mudik pun saya ga mau pas hari raya..ampuunnn pegele rek

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wehehehe ada Pak Anton di mari 🤣

      Nggak mudik juga enggak apa-apa deh Pak Anton, daripada korban badan yang puegel-puegel? Prefer to stay healthy and be happy hahahah 🤣 *paan se

      Delete
  9. Saya tiap hari mudik mbak, wong saya tinggal di kampung :))

    Cuma alhamdulillah, sejak punya istri, jadi punya kampung ke Lampung.. Udah setahunan ini belum balik tapi T.T

    Oiya, kapok saya baca buku di atas mobil, maboook T.T
    Jadi kalau di perjalanan cuma bisa melihat pemandangan + poto..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuih mantap sekali Kak Andie! Mudiknya ke Lampung! Semoga kalau pandemi ini sudah mereda, lekas bisa mudik lagi ya Kak Andie.

      Loh aku juga baca bukunya sambil ngemil Kak Andie, jadi nggak mual hahaha 🤣 Kalau baca buku doang tanpa ngisi perut ya hasilnya tetep sama aja, sama-sama mual. Hahahah 🤣🤣🤣

      Delete
    2. Tapi saya pusing gitu baca kalau sambil di atas mobil mbak.. Goyang-goyang gitu, matanya jadi puyeng mau baca garis yang mana :))

      Tapi emang belum pernah nyoba sambil nyemil si..

      Jadi kepikiran sate padang.... eh

      Delete
    3. Bisa dipraktekkan, kalau cocok boleh dilanjut. Kalau tidak, jangan bahaya 🤣🤣🤣

      Delete
  10. Hola Syifana, salam kenal jugaa 😆

    Aku banyak ketawa baca cerita kamuu, lucu banget nyeritainnya wkwkwk. Sama nih, dulu kalau mudik pakai mobil pasti Bapake kesel soalnya aku suka kebelet wkwk. Iya kalau pas nemu rest area atau pom bensin, lah kalau pas lagi lewat hutan? 😂😂

    Btw kereeenn jadi director buat acara teater sekolah! Untungnya juga ini acaranya pas Januari yaa, bener-bener nyerempet sebelum corona masuk Indonesia dan sekolah dilakukan dari rumah, jadi acara masih bisa terselenggara 😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hollaa Kak Eya 😍😍😍

      Hahaha, bener banget Kak Eya! Apalagi kalau pas lewat alas, aduh rasanya kayak menahan-nahan sebuah hal yang tak pasti 🤣 Biasanya seluruh badan sudah tidak karuan 🤣 Sambil berusaha tetap stay cool and stay calm supaya nggak kenapa-napa alias nggak brojol di dalem mobil, hahaha 🤣

      Iya Kak Eya, mepet banget sama corondes. Aku sendiri cukup beruntung masih sempat ngrasain belajar di sekolah. Hehehe 😂

      Delete
  11. Huy Syif,
    Jadi karena ODOP ini, aku bisa lihat tulisan barumu setiap hari ya? hahaha... horeee. bisa tiap hari blogwalking kesini yang biasanya ga tentu update-nya, hehe...

    Aku juga waktu SMA persis kayak kamu, senin ampe jumat full kegiatan sekolah, darin jam 7 sampe jam 5 sore dan itu bukan eksul, tapi emang belajar full, soalnya aku SMAnya di kejuruan farmasi, jadi selalu ada mata pelajaran prakteknya, itu yang biasanya waktunya lumayan lama.

    jadi waktu yg bener-bbener kosong ya minggu juga sih, tapi alhamdulillah seneng-seneng aja, malah sekarang kangen akan masa-masa itu.

    Akupun sebetulnya paling demen sama jalan-jalan tapi karena banyakk alasan, jadinya jarang keluar jg.

    Untunng aku ga ikutan ODOP ini, kalo iya, aku pasti bingung juga mau nulis apaan dari temanya Lia ini, hahaha... yess

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheheh iya seminggu kedepan Kak Ady! Habis itu bakal berhibernasi panjang, wakakka 🤣 Doakan aku ya Kak Ady, semoga lancar, hehehe. Aku aja agak gimana sama diri aku sendiri. Karena aku bukan Kak Ady yang up everyday 🤣

      Hah seriusan Kak Ady? Kak Ady anak farmasi? Wow! Fisikanya jago dong Kak Ady? Aku belajar di sekolah sampai jam 4, lalu ekskul 1-2 jam. Dan itu Senin-Jumat. Hahahah, emang maksa untuk produktif, tapi ga kira-kira 🤣

      Biasanya kan emang seperti itu nggak sih Kak Ady? Suka kangen sama masa-masa silam, tapi kangenya kalau udah laamaaa banget kejadiannya. Kayak pengin balik ke masa itu, gitulah pokoknya. 🤣

      Season 2 kudu ikutan Kak Ady! Hayuukkk! Pasti bisa, Kak Ady kan kreatif.

      Delete